ECS Luncurkan Mini PC Liva XE dan Liva ZE

Hari Jumat (28/7) lalu, ECS secara resmi meluncurkan dua varian mini PC terbaru di seri Liva yaitu Liva XE dan Liva ZE. Kedua seri Liva terbaru ini menawarkan spesifikasi yang lebih baru, namun tetap memiliki dimensi yang sangat kompak.

ECS Liva XE memiliki dimensi yang sangat kompak. Mini PC ini bisa digenggam tangan dengan mudah sehingga mudah untuk dibawah kemana-mana. Mini PC ini juga dilengkapi dengan VESA mount untuk pemasangan di belakang monitor yang membuatnya semakin hemat tempat.

Soal spesifikasi, ECS Liva XE ini menggunakan prosesor Intel Braswell Celeron N3050 1,6 GHz dengan RAM 2 GB. Pilihan kapasitas penyimpanannya bisa dipilih antara eMMC 32 GB dan 64 GB. Lalu masih ada juga selot ekspansi M.2 untuk SSD. Untuk konektivitas, Liva XE dibekali dengan konektor HDMI dan D-Sub, lalu juga masih ada port USB 3.0, serta modul WiFi 802.11ac dan Bluetooth untuk koneksi nirkabel.

Sedangkan Liva ZE lebih ditujukan untuk penggunaan di kelas bisnis. Hal ini terlihat dari tersedianya empat buah port ekspansi RS232 yang biasa digunakan pada perangkat industri. Lalu Liva ZE juga memiliki dua buah port LAN gigabit, dan port USB type-C. Mini PC ini menggunakan prosesor Intel Apollo Lake yang lebih baru dan sudah mampu menjalankan video 4K dengan baik. Mini PC ini memiliki dua buah selot SO-DIMM DDR3L untuk memori.

Baik Liva XE maupun Liva ZE sama-sama memiliki konsumsi daya yang sangat irit. Lalu, keduanya juga hening karena menggunakan desain tanpa kipas. Artinya keduanya tak akan mengeluarkan sama sekali kecuali ditambahkan harddisk mekanik konvensional.

ECS Liva XE saat ini telah tersedia di pasaran dengan harga mulai dari dua jutaan. Sedangkan Liva ZE rencananya baru akan tersedia di pasaran dalam beberapa waktu mendatang.

Tanggapan Kamu

komentar