Layanan Penyimpan Data Pilihan Bagi Pengguna Android

Di saat penggunaan smartphone makin banyak, kebutuhan akan teknologi pendukung juga ikut meningkat, contohnya dalam hal penyimpanan data. Media simpan internal serta eksternal memang menjadi solusi untuk hal tersebut. Namun untuk memenuhi kebutuhan yang lebih besar, layanan cloud menawarkan solusi yang lebih baik. Ada kalanya, Anda ingin menyimpan data dalam jumlah lebih besar dan ingin data tersebut tersimpan dengan aman. Di sinilah layanan cloud berperan membantu Anda menyimpan data via Internet. Dengan menyimpan data di cloud, Anda tidak akan khawatir akan mengalami kehilangan data meskipun smartphone atau komputer tablet Anda mengalami masalah atau hilang. Nah, dari sekian banyak aplikasi layanan cloud bagi pengguna Android, berikut beberapa di antaranya yang menarik untuk dicoba:

Google Drive

Android sebagai sistem operasi milik Google telah mengintegrasikan layanan cloud-nya pada perangkat berbasis Android seperti smartphone atau komputer tablet. Tidak mengherankan jika sebagian besar perangkat Android telah menyertakan layanan ini sehingga pengguna tinggal menggunakannya tanpa perlu melakukan instalasi atau pendaftaran akun baru. Dengan memakai akun Google saat mengaktifkan Android, secara otomatis layanan ini sudah bisa digunakan. Seperti layanan sejenisnya, Google Drive menawarkan kemampuan untuk menyimpan file sehingga bisa diakses dari mana saja. Google Drive juga memberikan ruang penyimpanan sebesar lima belas gigabyte dengan kemampuan untuk membuat dan meng-edit dokumen secara langsung dari Google Drive. Hal ini dilakukan menggunakan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides.

Pengguna juga bisa melihat berbagai dokumen dengan format populer seperti .doc, xls, hingga PDF. Tidak hanya dokumen saja, pengguna juga bisa mengunggah format file berbasis gambar, audio, serta video. Jika tidak memiliki koneksi Internet, pengguna bisa menyimpannya secara offline terlebih dahulu yang akan bisa tersinkronkan secara otomatis saat mereka terhubung ke Internet.

Dropbox 

Dropbox bisa jadi merupakan media simpan online paling populer saat ini, termasuk bagi pengguna Android. Dropbox memiliki kinerja yang cepat, intuitif, dan gratis dengan fitur backup secara otomatis dan dapat digunakan oleh berbagai perangkat sekaligus, termasuk komputer atau smartphone. Dengannya, Anda bisa menyimpan data secara online dengan gratis. Tentu saja, versi gratis menyediakan fitur yang lebih terbatas, di antaranya kapasitas simpan yang hanya sebesar dua gigabyte saja. Namun dengan trik sederhana, Anda bisa mendapatkan tambahan kapasitas hingga enam belas gigabyte. Bagaimana jika ingin mendapatkan kapasitas lebih besar? Anda bisa menggunakan versi berbayarnya yang ditawarkan dalam berbagai paket. Dropbox tersedia bagi beberapa sistem operasi, untuk versi desktop mulai dari Windows, Mac OS, dan Linux. Sementara untuk mobile, selain untuk Android, Dropbox juga tersedia untuk iPad, iPhone, dan juga Blackberry.

Box 

Box menyediakan layanan simpan secara gratis dengan kapasitas sebesar lima gigabyte. Bagi pengguna akun gratis, kapasitas tersebut juga memiliki keterbatasan, yaitu pengguna tidak bisa mengunggah file dengan ukuran lebih dari 250 MB. Selain berfungsi sebagai media simpan dan sebagai wadah berbagi melalui cloud, ada pula fasilitas kolaborasi sehingga pengguna bisa menyunting dokumen secara bersamaan dengan pengguna lain. Kolaborasi ini dimungkinkan saat pengguna menggunakan Google Docs dalam membuat suatu dokumen.

Box membedakan fiturnya berdasarkan segmen yang dituju. Jika termasuk pengguna yang mengutamakan keamanan penyimpanan data, pengguna mesti memiliki versi Business. Sementara versi Personal hanya diutamakan bagi aktivitas penyimpanan data umum seperti berbagi foto, musik, atau konten lainnya. Sebagai proteksi keamanan data, Box menggunakan enkripsi data menggunakan 256-bit SSL. Versi Business juga memungkinkan pengguna melakukan sikronisasi antara desktop dengan Box. Untuk versi Enterprise IT, Box menyediakan layanan di mana pengguna akan secara langsung dihubungkan dengan contact sales untuk mendapatkan penawaran khusus.

Microsoft OneDrive 

Layanan milik Microsoft yang dulunya bernama SkyDrive ini menyediakan kapasitas hingga lima belas gigabyte secara gratis. Jika memiliki akun lain milik Microsoft, Anda tidak perlu lagi melakukan registrasi dan bisa langsung melakukan login untuk dapat memanfaatkan OneDrive. Oleh karena itu, Anda yang memiliki akun surel Hotmail, Outlook, atau Live, akan bisa langsung menyimpan attachment langsung di OneDrive.

OneDrive juga terintegrasi dengan beragam layanan Microsoft seperti Word, Excel, dan PowerPoint. OneDrive memiliki fitur Office Web app yang merupakan aplikasi perkantoran layaknya Microsoft Office versi web. Ini memungkinkan pengguna membuat dokumen secara langsung berbasis web, sehingga tidak perlu lagi memasangnya terlebih dahulu. Fitur ini bisa dijalankan di sembarang browser selama mendukung HTML5. Akses file di OneDrive juga bisa dilakukan secara remote sehingga pengguna bisa melihat berbagai fasilitas yang ada, seperti kapasitas penyimpanan tersisa, berbagi dengan orang lain, serta menghapus atau mengubah cara mengakses.

Cubby 

Mungkin layanan cloud ini tidak sepopuler layanan lainnya, namun Cubby menawarkan fitur yang tidak kalah menarik. Sebagai layanan cloud milik LogMeIn, Cubby menyediakan kapasitas simpan sebesar lima gigabyte secara gratis. Kapasitas ini bisa ditingkatkan hingga 25 GB jika pengguna berhasil mengajak pengguna baru untuk mendaftar melalui link refferal yang disediakan. Dengan Cubby, pengguna dapat menyimpan dan berbagi data secara online kepada siapa pun meski orang yang diberi akses tidak memiliki akun di Cubby. Pengguna juga bisa melakukan pekerjaan bersama-sama secara real time. Mereka tinggal mengundang kerabat dan berbagi data melalui Cubby. Selanjutnya, data yang ada bisa disunting atau dikerjakan secara bersamaan. Untuk versi mobile, Cubby baru tersedia melalui App Store untuk perangkat iPhone, serta Google Play untuk perangkat Android. Sementara untuk versi desktop, Cubby baru tersedia bagi sistem operasi Windows dan Mac OS saja.

SugarSync

SugarSync adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda mengakses, melakukan sinkronisasi, dan berbagi file di semua komputer dan perangkat mobile. SugarSync memungkinkan Anda membuat backup, melakukan sinkronisasi, berbagi dokumen, foto, musik, dan film. Ini memungkinkan Anda dapat mengaksesnya dari PC, Mac, iPhone, iPad, Android, BlackBerry, atau perangkat lain.

Ditujukan untuk segmen enterprise, SugarSync mengklaim bahwa mereka memiliki fitur yang lebih baik di antara kompetitornya. Salah satunya yaitu kemampuan untuk melakukan sinkronisasi terhadap file atau folder manapun tanpa melalui proses sharing terlebih dahulu. Begitu pula sisi keamanannya yang juga diperhatikan. SugarSync juga memiliki kemampuan untuk memberikan hak akses admin dan staff yang cocok untuk digunakan kalangan bisnis. Versi gratisnya menawarkan kapasitas simpan sebesar lima gigabyte. Namun, ini hanya berlaku selama sembilan puluh hari saja.

Tanggapan Kamu

komentar