Kenali Fitur Terbaru yang Menarik di Instagram

Seperti aplikasi media sosial lain yang terus berkembang, Instagram juga selalu menambahkan serta memperbaiki fitur yang ada sebagai penunjang bagi kemudahan pengguna dalam berbagi foto di internet. Dari beberapa fitur tersebut, berikut beberapa yang menarik untuk disimak.

Perbesar gambar

Fitur zoom untuk memperbesar tampilan memang terbilang agak telat hadir di Instagram. Namun dengan pembaruan yang terus dilakukan, kini kamu bisa membesarkan foto dengan cara mencubit gambar yang ada menggunakan dua jari, asiknya lagi kamu juga bisa melakukan hal ini pada video. Namun lakukan ini dengan hati-hati karena bisa jadi kamu malah memberi like pada foto atau video yang sedang dilihat.

Simpan sementara

Fitur Save Draft berguna bagi  yang belum selesai menyunting foto namun ingin melanjutkannya di lain waktu. Fitur ini akan tampil saat kamu selesai menyunting namun belum mem-posting-nya. Dengan menekan tombol Back beberapa kali, Instagram akan menampilkan pesan apakah kamu ingin menyimpan foto yang sudah disunting tersebut atau tidak. Untuk membuka gambar Draft tadi, masuk ke Gallery dan lihat ke folder Draft. Tekan foto tersebut untuk melanjutkan penyuntingan dan mem-posting-nya.

Blokir akun

Jika merasa ada suatu akun yang mengirim atau menampilkan posting-an yang mengganggu, blokir saja. Ini juga bisa dilakukan pada mereka yang kerap memberi komentar negatif pada akun Instagram milik kamu. Caranya dengan menekan ikon tiga titik pada akun yang hendak diblokir. Dari sini pilih Report dan kamu bisa memilih alasan mengapa ingin melaporkan akun tersebut.

Live video

Instagram menyediakan fitur Live video yang mirip dengan Snapchat. Kamu bisa menyiarkan video kepada follower secara real time. Dan video ini bisa disaksikan pada saat kamu menyiarkannya secara langsung. Selanjutnya video akan segera tersimpan sementara dan otomatis akan hilang setelah 24 jam.

Unggah hingga 10 foto atau video

Ini merupakan salah satu fitur yang baru diluncurkan sejak awal 2017 oleh Instagram. Pengguna bisa mem-posting beberapa foto (maksimal 10 foto) secara bersamaan dan membuatnya menjadi seperti mini album atau gallery. Konten tersebut bisa merupakan gabungan antara foto atau video. Caranya mudah, dari halaman utama, tekan tombol di tengah bagian bawah (ikon tanda plus), nantinya akan muncul pilihan Select Multiple.

Mendapatkan notifikasi

Jika ingin mendapatkan notifikasi segala aktifitas dari akun yang diikuti, kamu bisa mengaktifkan fitur ini. Caranya tinggal buka atau masuk ke profil akun tersebut, tekan tiga titik di pojok kanan atas. Pada menu yang tampil, pilih Turn On Post Notifications. Selanjutnya setiap ada posting dari pemilik akun tersebut, kamu akan mendapatkan notifikasi. Tentu saja, kamu mesti sudah mengikuti (follow) akun tersebut.

Story Tricks

Ada beberapa fitur baru yang ditambahkan Instagram untuk mempercantik fitur Instagram Stories. Salah satunya yaitu Boomerang agar kamu bisa dengan mudah membuat video looping pada Instagram Stories yang dimiliki. Kemudian, fitur tagging yang berguna untuk menandai orang-orang dalam Stories yang akan di-posting. Cukup memberikan simbol @ sebelum nama akun tersebut pada postingan sebuah Stories, dan kamu dapat menandai akun tersebut pada Stories yang telah di-posting.

Instagram Direct Ephemeral

Dengan fitur ini, Instagram menggabungkan kemampuan Stories dengan Direct Message. Selain berkirim gambar dan video kepada orang atau grup tertentu, penerima pesan bisa melihat pesan yang dikirim hingga sebanyak dua kali, sebelum pesan tersebut akhirnya menghilang secara otomatis. Pengguna juga bisa mengetahui apakah pesan yang dikirimkan oleh mereka bisa dilihat ulang atau di-capture sebagai screenshot. Video dan gambar yang akan dikirim juga dapat ditambahkan sticker, emoji, atau doodle, agar pesan jadi semakin menarik.

Tanggapan Kamu

komentar