ASUS X555BP, Notebook Terbaru ASUS Berbasis AMD A9

Notebook terjangkau merupakan notebook yang sangat digemari pengguna. Tak pelak, alasannya adalah mayoritas di antara kita memiliki anggaran terbatas, namun punya kebutuhan untuk menggunakan bantuan notebook dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ASUS menghadirkan notebook terjangkaunya yang diperkuat oleh prosesor AMD APU A9-9420 yang berbasis Stoney Ridge. Notebook ini sendiri dijual di harga kisaran Rp4,8 jutaan alias harga yang masih termasuk “murah” karena masih di bawah angka psikologis, 5 juta Rupiah.

Notebook ASUS X555BP ini menawarkan performa dan kinerja yang mampu bersaing dengan laptop lain di kelasnya. Ia telah dipersenjatai oleh AMD APU atau Accelerated Processing Unit A9-9420 yang merupakan APU dari generasi ketujuh yang mengusung dual core berarsitektur Excavator dengan kecepatan mencapai 3,0 GHz Turbo Boost maksimal sebesar 3,6GHz.

Dari sisi layar, ASUS membekali notebook ini dengan layar sebesar 15,6 inci dengan teknologi TFT LCD resolusi 1366×768 piksel dengan cakupan warna 45% NTSC. Dari sisi bobot, notebook ini beratnya 2,2Kg. Demi kenyamanan mengetik, ASUS X555BP ini sangat elegan dengan menghadirkan chiclet keyboard serta punya beberapa varian warna.Dari sisi konektivitas, ASUS juga menyediakan port yang lengkap mulai dari USB 2.0, USB 3.0, VGA, HDMI dan SD card reader. Tak lupa DVD drive juga disediakan bagi yang membutuhkan.

Selain itu, laptop ASUS X555BP ini juga telah dibekali RAM berkapasitas 4GB dari jenis DDR4 berkecepatan 2.133MHz. Pengguna dapat menambah kapasitas RAM tersebut sesuai dengan kebutuhan sampai kapasitas hingga sebesar 8GB.

Performa yang dimiliki oleh laptop Asus X555BP ini sebenarnya sudah mencukupi untuk kebutuhan komputasi sehari-hari, mulai dari browsing, Office, multimedia ringan, dan juga chatting dan media sosial. Namun begitu, laptop ASUS X555BP ini juga sangat cocok menangani aplikasi desain grafis. Kinerja kartu grafis yang dimiliki sudah mencukupi.


Sebagai gambaran, ASUS mengandalkan GPU atau Graphics Processing Unit yang telah terintegrasi dari AMD Radeon R5 yang mengandalkan 192 shader core dengan arsitektur GCN atau Graphics Core Next yang memiliki kecepatan mencapai 800MHz. Adapun interface memorinya selebar 64-bit yang telah dikolaborasikan dengan sharing VRAM sampai 512MB.

Selain keyboard chiclet yang empuk saat disentuh, ASUS juga memberikan touchpad berfitur multigesture yang sangat nyaman digunakan. Ukurannya juga relatif lebar, sehingga pengguna tidak wajib membawa mouse untuk bekerja.

Tak hanya itu, X555BP ini juga diperkuat dengan grafis diskrit dari AMD Radeon R5 M420 yang mengusung 320 shader core dengan arsitektur GCN atau Graphics Core Next dengan kecepatan 855MHz. Ia juga menggunakan interface memori 64-bit dengan VRAM yang berkapasitas sebear 2 GB jenis DDR 3.

Dari sisi penyimpanan, ASUS X555BP memiliki kapasitas yang relatif lega, yakni 500GB dengan kecepatan 5400 rpm yang sangat berguna untuk menyimpan berbagai file dan data.

Tanggapan Kamu

komentar