Bantu Amankan Periklanan Mobile, Appsflyer Perkenalkan Protect360

Jakarta, PCplus. AppsFlyer (salah satu pemain dalam atribusi mobile dan analisis marketing), baru-baru ini memperkenalkan Protect360, sebuah solusi untuk melindungi para pengiklan dari kerugian akibat kecurangan instalasi aplikasi mobile.

Menurut AppsFlyer, dalam percobaan tipe beta dengan beberapa klien, Protect360 menunjukkan bahwa Device ID Reset Fraud telah menyebar lebih besar dari yang diketahui sebelumnya, yang telah menghabiskan biaya para pengiklan antara 1,1-1,3 miliar dolar AS pada setahun terakhir. AppsFlyer menyatakan bahwa terhitung lebih dari 50 persen merupakan kecurangan instalasi aplikasi (app install fraud).

“Pada saat ini, hanya perusahaan seperti AppsFlyer yang menggabungkan Big Data dan machine learning untuk mendeteksi kejanggalan di semua perangkat mobile aktif hingga 98 persen, dan mampu mengungkapkan tingkat skema kecurangan seperti DeviceID Reset Fraud,” ujar Oren Kaniel (CEO AppsFlyer).

AppsFlyer menyatakan bahwa penemuan terbaru dari DeviceID Reset Fraud menunjukkan bagaimana pertumbuhan belanja mobile marketing mampu menarik perhatian para penjahat. Hal ini dilakukan melalui device farm, yang juga dikenal dengan phone farms atau click farms, dan seringkali, merupakan operasi terstruktur yang menggunakan ribuan perangkat mobile untuk melakukan ad fraud dan tindakan kriminal lainnya.

AppsFlyer menambahkan bahwa meskipun mendeteksi kecurangan tidaklah mudah, device farm menggunakan beberapa cara untuk menyembunyikan aktivitasnya, seperti mengatur ulang ID setiap perangkat mobile secara berkala.

Hal ini menurut AppsFlyer akan membuat setiap perangkat di device farm terlihat seperti “baru” bahkan setelah melakukan ribuan instalasi berulang kali, sehingga menghasilkan jumlah kecurangan yang besar dan menghasilkan kerugian miliaran dolar setiap tahunnya.

AppsFlyer menyatakan bahwa Protect360 menggunakan banyak lapisan dalam teknologi anti-fraud yang dimilikinya dan beberapa tool lainnya untuk melakukan perlindungan secara hampir real-time sehingga mampu mencegah kecurangan instalasi dan menandai beberapa aktivitas yang mencurigakan.

Selain mencegah DeviceID Reset Fraud dalam tingkat SiteID dan mendeteksi berbagai aktivitas mencurigakan di berbagai perangkat, AppsFlyer juga menyatakan bahwa Protect360 juga melindungi para pengguna dari beberapa tipe kecurangan instalasi aplikasi lainnya, seperti install hijacking, click flooding, dan serangan man-in-the-middle.

Menurut AppsFlyer, Protect360 menemukan beberapa hal tentang DeviceID Reset Fraud yaitu:

* sebanyak 1/10 dari jumlah instalasi aplikasi dari aktivitas yang bersifat marketing-drivern adalah hasil dari kecurangan (fraudulent)

* perlakukan iOS dan Android dengan setara, karena fraudulent bisa ditemukan di kedua perangkat tersebut

* membahayakan 16 dari 100 jaringan terkemuka, yang mana lebih dari 20 persen instalasi aplikasi berasal dari DeviceID Reset Fraud.

Tanggapan Kamu

komentar