Tuesday, March 19, 2024
Berita Teknologi

Gandeng YCAB, Tokopedia Hadirkan “Mobil Belajar”

Jakarta, PCplus. Bekerja sama dengan YCAB Foundation, Tokopedia baru saja mengumumkan peluncuran mobile learning center. Tujuannya menurut Tokopedia adalah untuk mengedukasi pemanfaatan teknologi bagi anak-anak yang memiliki keterbatasan akses terhadap teknologi.

Menurut Tokopedia, Mobil Belajar yang membawa beberapa pengajar dan sepuluh unit laptop ini akan berkeliling ke beberapa wilayah setiap hari Senin sampai Jumat. Mobile Belajar ini menurut Tokopedia akan membuka kelas kecil dan mengajarkan cara mengoperasikan laptop.

“Mobil Belajar merupakan bagian dari program Nakama (karyawan Tokopedia, ed.) Berbagi Kasih untuk Indonesia atau Nakama Beraksi, di mana setiap Nakama diajak untuk meluangkan satu persen jam kerjanya untuk melakukan aksi sosial sesuai minat dan bakatnya masing-masing,” ungkap Siti Fauziah (Puji) (Communications Lead Tokopedia).

Puji menambahkan bahwa nantinya, Nakama akan secara bergantian berkeliling bersama YCAB Foundation menggunakan Mobil Belajar tersebut. Tujuannya, mengedukasi anak-anak cara menggunakan laptop dan aplikasi dasar seperti Microsoft Office.

Tokopedia menyatakan bahwa selain pengetahuan akan pemanfaatan teknologi, karyawan Tokopedia juga akan berbagi cerita dan pengalaman bekerja mereka di perusahaan teknologi.

“Konsep Mobil Belajar telah dikembangkan YCAB Foundation sejak 2011, di mana sudah terbukti efektif untuk memberikan akses pendidikan tentang teknologi di daerah sulit dijangkau. Para penerima manfaat juga akan diberikan sertifikat dari lembaga pendidikan ternama,” ujar Firza Imam Putra (Head of Development and Communications YCAB Foundation).

Firza menambahkan bahwa melalui Mobil Belajar, pihaknya ingin menjangkau 210 anak muda selama satu tahun. Sementara Tokopedia menyatakan bahwa kegiatan Mobil Belajar kolaborasi antara Tokopedia dan Yayasan Cinta Anak Bangsa Foundation ini akan berjalan selama satu tahun ke depan mulai dari hari ini.

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.