Google Akuisisi Sebagian Divisi Smartphone HTC Senilai Rp14,6 Triliun

Jakarta, PCplus. Google baru-baru ini secara resmi mengumumkan akuisisi terhadap divisi smartphone milik HTC dengan nilai sebesar US$1,1 miliar atau sekitar Rp14,6 triliun.

Akuisisi tersebut tidak berarti Google ini mengambil alih divisi smartphone HTC sepenuhnya. Google hanya mengakusisi sebagian dari divisi smartphone tersebut, terutama tim yang sebelumnya mengerjakan Pixel, smartphone Google hasil kerja sama dengan HTC. Selain itu, Google juga akan mendapatkan sejumlah paten dan lisensi non-eksklusif yang dimiliki oleh HTC.

Setelah ini, sekitar 2.000 karyawan HTC akan pindah menjadi karyawan Google. HTC pun akan tetap memproduksi smartphone mereka sendiri, serta bisa berfokus untuk pengembangan perangkat lain seperti virtual reality.

Cher Wang (CEO, HTC) mengatakan, “Kesepakatan ini mendukung strategi smartphone HTC untuk terus berinovasi karena portfolio produk menjadi lebih ramping, efisiensi operasional, dan fleksibilitas finansial yang lebih baik.”

Sementara itu, Rick Osterloh (hardware senior vice president, Google) mengatakan bahwa akuisisi ini akan membawa Google untuk menghasilkan perangkat-perangkat yang lebih inovatif nantinya seperti Pixel, Google Home, Chromecast, dan masih banyak lagi.

Hubungan Google dan HTC juga sebenarnya telah berlangsung lama. Selain Pixel, HTC juga tercatat pernah memproduksi smartphone Google Nexus One yang menjadi smartphone Google pertama yang dirilis pada tahun 2010 lalu.

Tanggapan Kamu

komentar