Intel Stop Kembangkan Perangkat Jaringan Nirkabel 802.11ad

Jakarta, PCplus. Selain koneksi nirkabel 802.11ac yang memanfaatkan pita 5 GHz, terdapat juga koneksi 802.11ad yang menggunakan pita 60 GHz dan menjanjikan kinerja yang jauh lebih cepat. Namun kinerja yang lebih cepat tersebut tampaknya kurang cocok untuk diaplikasikan ke perangkat jaringan nirkabel seperti wireless router dan access point. Ini karena daya jangkaunya yang terlalu pendek.

Intel baru-baru ini mengumumkan akan menghentikan produksi dan penjualan sejumlah perangkat nirkabelnya yang menggunakan koneksi nirkabel 802.11ad. Produsen prosesor terbesar di dunia tersebut tidak akan mengembangkan lagi perangkat jaringan nirkabel yang memanfaatkan teknologi tersebut.

Koneksi nirkabel 802.11ad menjanjikan kinerja bandwidth hingga 4,8 gigabit per detik, jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan 802.11ac. Namun, penggunaan pita 60 GHz membuatnya harus berhadapan langsung dengan perangkat serupa dalam jarak yang sangat dekat karena memiliki jangkauan frekuensi yang sangat pendek. Hal ini jika dibandingkan pita 5 GHz atau 2,4 GHz yang biasa digunakan oleh perangkat jaringan nirkabel pada umumnya.

Namun meskipun begitu, Intel tidak akan meninggalkan teknologi ini begitu saja. Intel menyatakan akan memanfaatkan teknologi ini untuk mengembangkan produk lain. Salah satunya adalah perangkat headset virtual reality (VR) nirkabel.

Tanggapan Kamu

komentar