Intel Umumkan Prosesor Desktop Generasi Kedelapan “Coffee Lake”

Jakarta, PCplus. Intel baru-baru ini secara resmi mengumumkan kehadiran lini prosesor desktop generasi terbarunya yaitu prosesor Intel Core generasi kedelapan. Lini prosesor Intel Core generasi kedelapan yang dinamai Coffe Lake ini menjadi penerus generasi sebelumnya yang dikenal dengan nama Kaby Lake.

Prosesor Intel Core generasi kedelapan ini diklaim memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Intel mengklaim bahwa prosesor Core i7 generasi kedelapan akan memiliki kinerja hingga 45% lebih cepat saat menjalankan beragam aplikasi multi tasking jika dibandingkan dengan Core i7 7700K yang merupakan prosesor flagship di generasi ketujuh.

Selain arsitektur yang lebih efisien, hal tersebut bisa tercapai karena kini Intel menyematkan jumlah core yang lebih banyak pada setiap lininya. Intel Core i7 kini memiliki enam core dan dilengkapi dengan HyperThreading. Lalu Intel Core i5 memiliki enam core tanpa HyperThreading. Sementara Intel Core i3 kini menjadi prosesor quad-core murni, tanpa HyperThreading.

Intel meluncurkan enam varian prosesor yang terbagi menjadi masing-masing dua varian di setiap kelas prosesor. Berikut daftar prosesor, kecepatan, serta harganya.

Seperti yang kamu lihat, Intel kini menyediakan prosesor dengan varian K untuk setiap lininya. Prosesor varian K merupakan varian prosesor yang memiliki multiplier yang di-unlock sehingga kamu bisa melakukan overclock dengan prosesor tersebut. Tentu saja kamu harus memasangkannya dengan motherboard yang juga memiliki fitur overclock.

Prosesor Intel Core generasi kedelapan masih menggunakan soket LGA 1151 yang sama dengan yang digunakan oleh Skylake dan Kaby Lake. Namun sayangnya prosesor ini tidak kompatibel dengan motherboard yang menggunakan chipset Intel Z170 maupun Z270. Untuk mendukung prosesor ini, Intel juga merilis chipset baru yaitu Z370. Kamu memerlukan motherboard baru dengan chipset Z370 untuk dapat menggunakan prosesor ini.

Intel Core generasi kedelapan ini akan mulai dijual mulai tanggal 5 Oktober 2017 mendatang. Belum ada informasi resmi mengenai jadwal kehadirannya di Indonesia.

Tanggapan Kamu

komentar