iOS 11 Bikin Baterai Lebih Boros

Jakarta, PCplus. Apple baru saja merilis update sistem operasi iOS 11 untuk iPhone dan iOS. Sistem operasi terbaru tersebut membawa banyak fitur baru serta perubahan di berbagai aspek.

Namun, selain berbagai fitur baru yang hadir, update iOS 11 juga membawa dampak buruk. Sistem operasi ini diduga membuat konsumsi baterai menjadi lebih boros jika dibandingkan dengan saat masih menggunakan iOS 10.

Firma keamanan Wandera baru-baru ini melakukan riset terhadap lima puluh ribu pengguna iPhone dan iPad dengan pola penggunaan menengah hingga berat yang menggunakan perangkat dengan iOS 11 dan iOS 10. Wandera kemudian menghitung rata-rata konsumsi baterai antara perangkat yang menggunakan iOS 10 dan iOS 11.

Gambar: Wandera

Berdasarkan data yang dirilis oleh Wandera, perangkat yang menggunakan iOS 10 rata-rata membutuhkan waktu 240 menit dari kondisi baterai 100% hingga 0%. Sementara perangkat iOS 11 membutuhkan waktu rata-rata 96 menit.

Riset tersebut dihitung dengan tidak memasukkan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Pada saat riset dilakukan, ketiga smartphone tersebut belum tersedia di pasaran.

Dengan perbedaan mencapai 60%,  temuan ini merupakan hal yang kurang baik bagi kamu pengguna perangkat iPhone atau iPad lawas, apalagi jika baterai perangkat lawasmu itu dalam  kondisi kurang baik.

Jadi, jika kamu menggunakan perangkat iPhone atau iPad lawas dan ingin melakukan update ke iOS 11, kamu perlu mempertimbangkan hal ini. Alternatif lain, kamu bisa mencoba melakukan penghematan daya dengan mematikan fitur-fitur seperti Bluetooth, GPS, WiFi, dan beberapa fitur lainnya saat sedang tidak digunakan.

Tanggapan Kamu

komentar