Pejabat Tinggi Arab Saudi Dipecat Gara-Gara Master Yoda

Seorang pejabat penting di Kementerian Kependidikan Arab Saudi telah dipecat dan diasingkan setelah sebuah buku resmi pemerintah menampilkan kesalahan memalukan. Kesalahan tersebut berupa munculnya Master Yoda, karakter film Star Wars, di samping foto Raja Faisal yang sedang menandatangani pendirian Perserikatan Bangsa-Bangsa di tahun 1945.

Inilah buku resmi Pemerintah Arab Saudi yang menampilkan foto yang memalukan tersebut

Tentu saja, ini bukan foto sesungguhnya. Adalah Abdullah Al Shehri, seorang desainer yang menanambahkan sosok Master Yoda ke dalam foto. Menurut Abdullah, karyanya tersebut bukan untuk mendiskreditkan Raja Faisal. “Foto tersebut adalah salah satu seri karya saya di tahun 2013 berjudul United Nation (Yoda),” ungkap Abdullah. Dalam seri tersebut, ia menambahkan karakter pop culture AS, seperti Captain America sampai Darth Vader, ke dalam foto asli yang bersejarah.

Terkait foto tersebut, Abdullah menambahkan sosok Yoda karena karakternya yang arif dan dianggap cocok dengan suasana pembentukan PBB.

Yang menjadi pertanyaan besar adalah bagaimana foto tersebut bisa masuk ke sebuah buku resmi pemerintah Arab Saudi. Abdullah sendiri mengaku tidak pernah dikontak pihak manapun terkait penggunaan fotonya. Jadi besar kemungkinan, penyusun buku mengambil foto tersebut dari internet tanpa menyadari keberadaan sosok Yoda di foto tersebut.

Menteri Pendidikan Arab Saudi sendiri langsung mengirim tweet permohonan maaf setelah mengetahui insiden memalukan ini. Ia pun langsung memerintahkan penyelidikan terkait insiden ini dan memecat Mohammed bin Attia Al-Harthi, pejabat di kementeriannya yang dianggap gagal menjalankan tugasnya.

Tanggapan Kamu

komentar