Rangkul Waymo, Intel Terapkan Teknologi Swakemudi

(www.chrysler.ca)

Jakarta, PCplus. Salah satu dari janji besar dari kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) adalah mobil masa depan yang dapat dikendarai tanpa pengemudi/swakemudi (self-driving car).

Menurut Intel, hampir 1,3 juta orang di dunia meninggal tertabrak di jalan setiap tahun – dengan rata-rata 3,287 meninggal dalam sehari. Hampir 90 persen dari kecelakaan ini disebabkan oleh kesalahan manusia.

Intel menambahkan bahwa teknologi mobil tanpa kemudi mampu mencegah kecelakaan dengan memberikan kemampuan mobil swakemudi untuk belajar dari berbagai pengalaman jutaan mobil. Tujuannya, menghindari kesalahan orang lain dan menciptakan lingkungan transportasi yang lebih aman.

“Melihat perkembangan mobil swakemudi yang semakin nyata, saya berekspektasi cucu-cucu saya tidak akan perlu menyetir mobil lagi. Yang artinya, satu hal yang dilakukan oleh hampir 90 persen orang Amerika setiap hari akan berakhir hanya dalam satu generasi,” ujar Brian Krzanich (Chief Executive Officer Intel Corporation) berangan-angan.

Lebih lanjut lagi ditambahkan oleh Brian bahwa kendaraan terbaru Waymo (minivan hybrid tanpa pengemudi yang diberi nama Chrysler Pacifica), memiliki teknologi berbasis Intel. Teknologi ini menurut Intel dapat digunakan untuk pemrosesan sensor, perhitungan umum, dan konektivitas, serta memungkinkan penggunaan teknologi swakemudi pada keseluruhan fitur secara real-time di situasi dan kondisi perkotaan yang begitu padat.

Intel menyatakan bahwa seiring dengan teknologi swakemudi Waymo yang makin cerdas dan canggih, daya kinerja hardware dan software yang tinggi akan memerlukan perhitungan yang akurat dan efisien. Bekerja sama dengan Waymo, Intel menyatakan mampu menawarkan kendaraan Waymo sebuah tenaga pemrosesan yang dibutuhkan untuk tingkat 4 dan 5 swakemudi.

Intel menambahkan bahwa dengan lebih dari tiga juta kilometer jarak yang ditempuh, mobil Waymo yang ditenagai oleh Intel telah menjalankan lebih banyak mobil swakemudi dibandingkan kendaraan swakemudi lainnya di Amerika Serikat.

“Kerja sama antara Intel dengan Waymo memastikan Intel akan terus berada di posisi terdepannya dalam mewujudkan komitmen mobil swakemudi dan masa depan yang lebih aman dan bebas dari tabrakan,” pungkas Brian.

Tanggapan Kamu

komentar