Raspberry Pi 4 Akan Dirilis pada 2019

Jakarta, PCplus. Para pengguna setia Raspberry Pi seluruh dunia yang sedang menantikan Raspberry Pi terbaru agaknya mesti bersabar. Pasalnya, Raspberry Pi 4 alias versi terbaru tidak akan hadir sampai akhir tahun 2018.

Hal ini tercermin dari pernyataan Raspberry Pi Foundation (pembuat Raspberry Pi) yang menegaskan bahwa versi terbaru Raspberry Pi akan dihadirkan di tahun 2019. Menurut Raspberry Pi Foundation, Raspberry Pi 3 yang ada saat ini hadir dengan usia pakai minimal tiga tahun. Dengan demikian, peluncuran Raspberry Pi terbaru dianggap bukan merupakan hal mendesak.

Namun menurut pengamat, kemungkinan besar rilis Raspberry Pi terbaru ini malah akan molor dari yang sudah dijadwalkan Raspberry Pi Foundation. Pasalnya Raspberry Pi Foundation telah mencapai batas proses manufaktur 40 nm. Hal ini dipertegas oleh pernyataan salah satu pejabat Raspberry Pi Foundation yang menyatakan bahwa proses manufaktur ini pada akhirnya akan dicapai.

Terlepas dari masalah teknis tersebut, pasar dan pengguna setia Raspberry Pi cukup antusias menantikan spesifikasi seperti apa yang akan dibenamkan Raspberry Pi Foundation ke dalam Raspberry Pi 4. Mengingat masalah manufaktur tersebut, para pengamat menyatakan bahwa Raspberry Pi Foundation mungkin akan beralih ke proses manufaktur yang menawarkan penggunaan silikon secara lebih efisien.

Para pengamat menambahkan bahwa karena Raspberry Pi 3 telah memiliki dukungan terhadap Bluetooth dan koneksi Wi-Fi, Raspberry Pi 4 kemungkinan besar tidak menghadirkan pembaruan signifikan di sisi jaringan. Namun, menurut para pengamat, dimensi dan tata letak port serta komponen di Raspberry Pi 4 boleh jadi akan tetap sama dengan versi sebelumnya. Ini dimaksudkan agar Raspberry Pi 4 tetap bisa menggunakan aksesori dari Raspberry Pi versi sebelumnya.

Para pengamat juga menyatakan bahwa peningkatan dalam Raspberry Pi 4 ini kemungkinan akan berfokus di area port masukan dan keluaran. Jadi besar kemungkinan Raspberry Pi 4 akan dilengkapi dengan USB Type-C. Pasalnya, USB Type-C bisa menangani daya, data, dan transfer video sekaligus. Ini akan membuat USB Type-C bisa menggantikan beberapa fungsi port koneksi yang ada di Raspberry Pi versi sebelumnya.

Lantas bagaimana dengan harganya? Tenang, harganya dikabarkan tidak akan jauh berbeda dari aneka Raspberry Pi versi sebelumnya saat diluncurkan. Ini karena Raspberry Pi sebenarnya ditujukan bagi dunia edukasi serta orang tua yang menginginkan anaknya mempelajari komputasi. Pejabat di Raspberry Pi Foundation pun menyatakan bahwa pihaknya akan berusaha menjual Raspberry Pi 4 sedapat mungkin di harga US$35.

 

Tanggapan Kamu

komentar