Smartphone Android Nokia Hadir di Indonesia pada Oktober 2017


Jakarta, PCplus. Nokia di bawah HMD Global akhirnya secara resmi meluncurkan smartphonenya di Indonesia. HMD Global akan menghadirkan tiga smartphone yaitu Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Untuk bisa hadir di Indonesia, HMD Global bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada Tbk di Batam untuk melakukan perakitan di Indonesia. Ketiga smartphone ini juga sudah memenuhi ketentuan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 30 persen.

HMD Global menyatakan bahwa ketiga seri smartphone Nokia ini akan tersedia di Indonesia dan dapat dibeli di Erafone, Sentra Ponsel, dan mitra operator eksklusif Indosat mulai Oktober 2017.

Nokia 3 memiliki spesifikasi sebuah smartphone entry-level, yaitu chip quad-core MediaTek MT6737 berkecepatan 1,4 GHz dan RAM 2 GB. Smartphone ini memiliki memori penyimpanan sebesar 16 GB, baterai 2.630 mAh, serta layar 5 inci 720 x 1.280 pixel. Layarnya ini akan berbasis Corning Gorilla Glass yang dilaminasi.

Nokia 3 menurut HMD Global memiliki sedikit refleksi berkat layar terpolarisasi sehingga membuatnya jernih dan tetap bisa dilihat bahkan di bawah sinar matahari yang cerah.

Nokia 3 juga dilengkapi dengan kamera bukaan lebar dengan resolusi 8 MP yang terhubung di bagian depan dan belakang ponsel. Produk ini akan tersedia dalam empat pilihan warna hitam (matte black), biru tua (tempered blue), putih perak (silver white) dan putih tembaga (white copper). Nokia 3 akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp1.899.000.

Sementara Nokia 5 dibuat dari satu blok utuh aluminium seri 6000 untuk menghasilkan bodinya. Produk ini dilengkapi dengan layar berukuran 5,2 inci berbasis Corning Gorilla Glass IPS HD display yang dilaminasi. Layar ini memiliki resolusi 720 x 1.280 pixel. Smartphone ini menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 430 octa-core dengan RAM 2 GB, memori penyimpanan 16 GB, serta kamera belakang 13 mega pixel.

Nokia 5 juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 8 MP dengan sudut lengkung 84 derajat. HMD Global menyatakan ini akan memungkinkan pengguna memasukkan lebih banyak latar belakang pemandangan saat melakukan selfie.

Layar produk ini juga memungkinkan pengguna tetap dapat melihat menu meskipun berada di bawah teriknya sinar matahari. HMD Global menyatakan bahwa Nokia 5 tersedia dalam tiga pilihan warna – yakni hitam (matte black), biru tua (tempered blue), dan perak (silver). Produk ini direncanakan akan meluncur di pasaran pada akhir Oktober 2017.

Sementara Nokia 6 hadir dengan spesifikasi tertinggi dari ketiganya. Smartphone ini memiliki layar 5,5 inci Full-HD (1.080 x 1.920 pixel) yang dilindungi Corning Gorilla Glass 3. Nokia 6 menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 430, RAM 3 GB, chip grafis Qualcomm Adreno 505, dan memori penyimpanan 32 GB. Kameranya menggunakan sensor 16 mega pixel dengan lensa f/2,0.

HMD Global menyatakan bahwa desain unibody Nokia 6 dibuat dari satu blok utuh aluminium seri 6000. Produk ini juga dilengkapi dengan penguat suara pintar (smart audio amplifier) dengan speaker ganda. Ini diklaim memungkinkan pengguna mendapatkan kualitas bass yang lebih dalam dan suara yang jernih, ditambah dengan kehadiran Dolby Atmos untuk menampilkan pengalaman hiburan mumpuni.

HMD Global menyatakan bahwa Nokia 6 akan tersedia dalam dua pilihan warna berbeda yakni hitam (matte black) dan perak (silver). HMD Global menyatakan akan memasarkan Nokia 6 mulai akhir Oktober 2017.

Saat tersedia di pasaran, Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 akan menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat. HMD Global juga menjanjikan akan merilis update Android 8.0 Oreo untuk ketiga smartphone tersebut saat tersedia nanti.

Tanggapan Kamu

komentar