WhatsApp Diblokir di Tiongkok

Jakarta, PCplus. Pemerintah Tiongkok kembali menambah lagi satu aplikasi yang diblokir di negaranya. Setelah memblokir banyak aplikasi populer seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan beberapa aplikasi lainnya, Tiongkok kini memblokir layanan pesan WhatsApp.

Dikutip dari New York Times, banyak pengguna WhatsApp yang tersebar di berbagai wilayah di Tiongkok mengaku telah tidak dapat menggunakan WhatsApp untuk berkirim pesan, gambar, maupun video. Menurut Nadim Kobeissi (cryptographer, Symbolic Software), Pemerintah Tiongkok memblokir WhatsApp dengan cara yang agak berbeda dari biasanya. Pemerintah Tiongkok memblokirnya dengan mengganggu fungsi-fungsi yang ada di WhatsApp.

Ia menambahkan, Symbolic Software sebenarnya telah mendeteksi gangguan WhatsApp sejak tanggal 20 September 2017 lalu. Gangguan tersebut membuat pengguna sangat sulit untuk mengirimkan pesan melalui WhatsApp.

Dengan diblokirnya WhatsApp, otomatis pengguna yang berada di Tiongkok harus beralih menggunakan layanan lain seperti WeChat yang memang merupakan aplikasi buatan negara tersebut.

Tanggapan Kamu

komentar