• Home »
  • Event »
  • Dorong Kreativitas Komikus, Datascrip Gelar “Datascrip Creative Comic Competition”

Dorong Kreativitas Komikus, Datascrip Gelar “Datascrip Creative Comic Competition”

Jakarta, PCplus. Industri kreatif di Indonesia ibarat pohon yang terus tumbuh dan  berkembang serta melahirkan tunas-tunas muda berbakat di berbagai cabangnya. Salah satunya adalah komik, media kreatif yang menampilkan gambar-gambar dilengkapi teks, dengan alur cerita bertema tertentu. Para kreator komik (komikus) di dalam negeri pun terus muncul dan berkarya, bahkan sejak masih duduk di bangku sekolah.

Melihat fenomena ini, PT Datascrip menyatakan menggelar Datascrip Creative Comic Competition. Kompetisi ini menurut Datascrip bertujuan memberikan kesempatan bagi para pelajar dan mahasiswa pencinta komik maupun yang hobi menggambar untuk berkreasi menciptakan karya komik yang artistik, unik, dan komunikatif.

Datascrip menambahkan bahwa Datascrip Creative Comic Competition yang digelar pada 15 September – 30 November 2017 ini akan mengangkat tema “Aku Cinta Indonesia”. Datascrip menyatakan bahwa peserta bebas menuangkan ide dan kreativitas mengenai kecintaannya terhadap Indonesia. Peserta juga bebas memilih genre, mulai dari komedi, drama, laga, sampai mitos/legenda.

Datascrip menyatakan bahwa kompetisi ini dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) serta mahasiswa. Pesertanya sendiri bisa berupa perorangan maupun kelompok (dengan jumlah anggota per kelompok terdiri dari dua orang).

Datascrip menambahkan bahwa komiknya dapat dibuat secara digital maupun tradisional sebanyak 16-24 halaman (boleh berwarna maupun tidak), dengan ukuran  210 mm x 297 mm (A4). Menurut Datascrip, komik yang dilombakan harus merupakan karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Menurut Datascrip, karya yang dilombakan dikirimkan ke Tim Datascrip Creative Tablet dengan alamat Gedung Datascrip, Jl. Selaparang Blok B15 Kav 19, Kompleks Kemayoran, Jakarta 10610 selambat-lambatnya tanggal 30 November 2017. Datascrip menyatakan bahwa dewan juri yang terdiri dari Is Yuniarto (komikus), Li Julian (komikus), Gita Juwita (Editor re:ON Comics) dan Rendy Burhan (Creative Marketing Tim Datascrip Creative Tablet) akan memilih pemenang untuk setiap kategori.

Datascrip menyatakan bahwa pemenang akan dibagi berdasarkan kategori-kategori sebagai berikut

Kategori SMP:

Juara 1: 1 unit Wacom Intuos Art Medium beserta sertifikat untuk setiap peserta anggota kelompok. Karyanya dimuat di re:ON Comics selama tiga edisi berturut-turut.

Juara 2: 1 unit Wacom Intuos Comic beserta sertifikat untuk setiap peserta anggota kelompok. Karyanya dimuat di re:ON Comics online.

Juara 3: 1 unit Wacom Intuos Draw beserta sertifikat untuk setiap peserta anggota kelompok. Karyanya dimuat di re:ON Comics online.

Kategori SMA:

Juara 1: 1 unit Wacom Intuos Art Medium beserta sertifikat untuk setiap peserta anggota kelompok. Karyanya dimuat di re:ON Comics selama tiga edisi berturut-turut.

Juara 2: 1 unit Wacom Intuos Comic Small beserta sertifikat untuk setiap peserta anggota kelompok. Karyanya dimuat di re:ON Comics online.

Juara 3: 1 unit Wacom Intuos Draw beserta sertifikat untuk setiap peserta anggota kelompok. Karyanya dimuat di re:ON Comics online.

Kategori Mahasiswa:

Juara 1: 1 unit Wacom Intuos Pro Medium Paper beserta sertifikat untuk setiap peserta anggota kelompok. Karyanya dimuat di re:ON Comics selama tiga edisi berturut-turut.

Juara 2: 1 unit Wacom Intuos Pro Small beserta sertifikat untuk setiap peserta anggota kelompok. Karyanya dimuat di re:ON Comics online.

Juara 3: 1 unit Wacom Intuos Comic beserta sertifikat untuk setiap peserta anggota kelompok. Karyanya dimuat di re:ON Comics online.
Menurut Datascrip, hadiah untuk para pemenang akan diserahkan oleh dewan juri pada Penganugerahan Pemenang di Jakarta pada bulan Desember 2017. Datascrip menyatakan untuk mendapatkan informasi lebih jauh, calon peserta bisa mengunjungi FanPage Facebook Datascrip Creative Tablet atau akun Instagram https://www.instagram.com/datascrip.creativetablet/.

 

Tanggapan Kamu

komentar