Tuesday, March 19, 2024
Event

Tingkatkan Daya Saing UKM Papua, BLANJA.com dan BNI Adakan Pelatihan

Jakarta, PCplus. Makin berkembangnya teknologi membuat para pelaku UKM harus mampu memanfaatkan kanal digital untuk merambah pasar yang lebih luas. Berangkat dari situasi tersebut, Bank Negara Indonesia (BNI) bekerja sama dengan BLANJA.com dan Pemerintah Daerah Papua menyatakan mengadakan pelatihan pemasaran online terhadap para pelaku UKM (yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN/RKB) Papua selama bulan Agustus hingga September.

Menurut BLANJA.com, pelatihan ini merupakan salah satu upaya sinergi BUMN mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai “The Digital Energy of Asia”. Caranya dengan melaksanakan pendampingan UKM di beberapa lokasi di Indonesia bersama BLANJA.com, satu-satunya e-commerce BUMN.

BLANJA.com menyatakan bahwa sebagai marketplace hasil kolaborasi Telkom Indonesia dan eBay, BLANJA.com dipilih untuk mempersiapkan para UKM binaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Papua untuk merambah pasar yang lebih luas. Caranya menurut BLANJA.com dengan melakukan pemasaran online di platform marketplace.

BLANJA.com menyatakan bahwa setidaknya ada empat kabupaten di Papua yang sudah dijangkau dan di-online-kan melalui platform BLANJA.com, di antaranya Kabupaten Biak, Fak Fak, dan terakhir Jayapura. Dari ketiga daerah tersebut, BLANJA.com menyatakan sudah ada kurang lebih dua ratus UKM lokal yang siap go online.

Nantinya menurut BLANJA.com, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia.

Mengusung tagline “#BLANJAJemputUKM” untuk roadshow ini, BLANJA.com menyatakan berharap UKM Papua bisa #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk asli Indonesia (khususnya produk Papua) agar makin dikenal secara nasional maupun global.

Menurut BLANJA.com, UKM Papua memiliki produk yang sangat beragam seperti berbagai aksesori dan hiasan berbahan baku lokal, bahan makanan dan minuman, peralatan rumah tangga serta produk pertanian. Sementara produk asal Papua yang paling banyak diminati oleh pelanggan di BLANJA.com adalah produk kerajinan seperti tas yang terbuat dari kelapa atau kulit pohon.

“Untuk memasuki dunia online, UKM tak hanya menyiapkan barang atau produk yang berkualitas, tetapi juga harus memiliki mental yang kuat untuk bisa bersaing sehingga tidak hanya sekedar menjadi seorang penjual online tetapi bisa menjadi pebisnis online,” ujar Aulia E. Marinto (CEO BLANJA.com) pada kesempatan terpisah.

BLANJA.com juga menyatakan memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Para UKM binaan RKB Papua pun antusias ikut mempraktikan langsung cara memotret produk yang baik agar bisa bersaing.

Saat ini, BLANJA.com menyatakan sedang dalam tahap menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar internasional melalui platform eBay.

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.