Jakarta, PCplus. Indosat Ooredoo baru-baru ini menyelenggarakan acara untuk mengajak generasi muda agar bijak dalam menggunakan internet dan berpendapat di media sosial. Dalam acara yang digelar di SMA YWKA (Yayasan Wanita Kereta Api), Bandung tersebut, digelar seminar & workshop dengan tema “Bijak Bersosmed”.
Indosat Ooredoo menyatakan bahwa acara ini dihadiri juga oleh Mira Nurfahlia Sahid (blogger senior), Stephen Ng (Founder KelasKita), dan Deva Rachman ( Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo).
Deva Rahman menyatakan bahwa Indosat Ooredoo mendukung gerakan #BijakBersosmed sebagai sebuah program nyata kampanye publik penggunaan sosial media secara bijak.
“Peluncuran gerakan #BijakBersosmed merupakan awal dari upaya untuk melihat social media kita agar menjadi tempat untuk menyampaikan informasi yang baik dan benar, melahirkan inovasi baru, bertukar gagasan, dan menghargai perbedaan pendapat dengan cara yang santun,” ujar Deva.
Menurut Indosat Ooredoo, media sosial saat ini merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak muda perkotaan. Indosat Ooredoo menyatakan bahwa lebih dari 132 juta populasi Indonesia, atau sekitar 51% dari populasi total Indonesia terhubung satu dengan yang lainnya melalui dunia maya menggunakan berbagai perangkat-perangkat digital.
Indosat Ooredoo menyatakan bahwa di sisi lain, dinamika politik, ekonomi, serta sosial di Indonesia yang tinggi, bahkan penuh kompetisi, membuat atmosfer media sosial Indonesia belakangan ini menjadi riuh rendah.
Menurut Indosat Ooredoo, gerakan #BijakBersosmed sendiri lahir dari keprihatinan para penggiat media sosial yang menyadari betapa media sosial sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.
Di sisi lain, kekuatan media sosial saat ini kemudian dimanfaatkan oleh sebagian kelompok untuk memproduksi konten-konten yang dapat memecah belah persatuan, ujaran-ujaran yang tak bertanggungjawab, bahkan digunakan sebagai ladang profit bagi para produsen hoax
Gerakan #BijakBersosmed menurut Indosat Ooredoo lahir dari keprihatinan tersebut dan mendorong masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosialnya. Tujuannya menurut Indosat Ooredoo agar dapat menyebarluaskan pesan-pesan positif.
Indosat Ooredoo menambahkan bahwa gerakan #BijakBersosmed ini sekaligus menandai peringatan Hari Kemerdekaan ke 72 Indonesia yang juga merupakan bagian dari rangkaian program peringatan 50 Tahun Indosat Ooredoo.
Indosat Ooredoo menyatakan bahwa gerakan #BijakBersosmed akan hadir dalam bentuk penyebaran informasi penggunaan media sosial dengan lebih bijak, didukung oleh video-video informatif dan e-book. Selain itu, juga akan dihadirkan ikrar #BijakBersosmed secara online yang dapat dilakukan dengan mengunjungi laman www.bijakbersosmed.id.
Indosat Ooredoo menambahkan bahwa sebagai pendukung utama gerakan #BijakBersosmed ini, pihaknya sebelumnya sudah memberikan perhatian terhadap berbagai upaya untuk mengedukasi dan mensosialisasikan penggunaan sosial media secara lebih bijak dan positif.
Menurut Indosat Ooredoo, langkahnya ini antara lain dilakukan melalui program karyawan perusahaan yang secara sukarela melakukan kampanye penggunaan media sosial di SMKN 2 Jakarta. Program ini menurut Indosat Ooredoo, dan akan dilanjutkan di sekolah-sekolah menengah di kota lainnya dengan mengajak berbagai penggiat media sosial dalam program ini.