Review Asus Vivobook 14 A405U

Belum lama ini Asus meluncurkan sejumlah produk laptop baru di kelas menengah dengan lini Vivobook hingga kelas atas melalui lini Zenbook dan ROG.

Kebetulan PCplus berkesempatan untuk menguji salah satu notebook yang baru saja dirilis oleh Asus di lini Vivobook yaitu Vivobook 14 A405U. Notebook ini diposisikan sebagai notebook di kelas menengah yang memiliki harga cukup terjangkau, namun memiliki tawaran spesifikasi yang menarik dan juga design yang cukup keren.

Desain

Sesuai dengan namanya, Asus Vivobook 14 A405U ini hadir dengan layar berdiagonal 14 inci. Namun Asus menerapkan desain yang lebih ramping dibandingkan notebook lain di kelasnya.

Asus Vivobook 14 A405U

Di bagian layarnya, Asus menggunakan desain yang dinamakan NanoEdge Display dimana bezel layarnya menjadi sangat ramping sehingga ukuran notebook secara keseluruhan menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan notebook 14 inci lain.

Asus Vivobook 14 A405U

Asus Vivobook 14 A405U ini menggunakan bahan plastik di bagian belakang layar dan di bagian keyboardnya. Plastik tersebut memiliki pola aluminium brushed yang membuatnya terlihat lebih elegan. Dan material yang digunakan juga berkualitas sehingga tidak terasa ringkih.

Asus Vivobook 14 A405U memiliki ukuran yang cukup tipis dengan ketebalan sekitar 1,87-2,01 cm. Meskipun begitu, notebook ini tetap menghadirkan port yang terbilang lengkap. Di bagian kirinya terdapat port adapter, HDMI, USB 3.1, dan USB 3.0 Type C. Sedangkan di sebelah kanannya terdapat dua buah port USB 2.0, port audio 3,5 mm, dan sebuah selot pembaca kartu memori SD.

Asus Vivobook 14 A405U

Untuk melepas panas yang dihasilkan oleh notebook ini, terdapat sebuah lubang ventilasi yang ada di bagian belakang dan bawah.

Asus Vivobook 14 A405U

 

Spesifikasi

Masuk ke kelas menengah, Asus Vivobook 14 A405U ini memiliki spesifikasi yang cukup lumayan. Di dapur pacunya, notebook ini dibekali dengan prosesor Intel Core i5 7200U dengan RAM DDR4 sebesar 4 GB.

CPUIntel Core i5 7200U 2,7 GHz (up to 3,1 GHz)
RAM4 GB DDR4 2400 MHz SDRAM
Penyimpanan1 TB HDD 5400 rpm
Layar14″ 1366 x 768 NanoEdge Display
Kartu GrafisNvidia GeForce 940MX 2 GB GDDR5
Port1 x combo audio jack, 1x USB 3.0 Type-C, 2 x USB 2.0, 1 x USB 3.0, 1 x HDMI, SD Card Reader
KameraVGA Web Camera
KonektivitasWiFi 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
AudioBuilt-in Stereo 2 W. ASUS SonicMaster Technology
Baterai42Wh 3-cell lithium-polymer
Dimensi3,26 x 2,26 x 1,88-2 cm
Bobot1,3 Kg (termasuk baterai)
Sistem OperasiEndless OS

Kapasitas RAM sebesar 4 GB sebenarnya masih cukup memadai untuk menjalankan berbagai aplikasi standar. Namun kapasitas RAM yang lebih besar tentunya akan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang lebih berat seperti photo editing atau video editing.

Hadirnya kartu grafis Nvidia GeForce 940MX sebagai pelengkap chip terintegrasi Intel HD Graphics 620 memberikan tambahan tenaga untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis berat dan juga game.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, layar 14 inci pada notebook ini memiliki bezel yang tipis. Layar dengan resolusi 1366 x 768 piksel ini berjenis anti-glare dan punya tampilan yang cukup baik meskipun sudut pandangnya tidak terlalu luas.

 

Kinerja

Dengan prosesor Intel Core i5 7200U dan RAM DDR4 4GB, kinerja notebook ini terasa cukup baik untuk menjalankan berbagai aplikasi pekerjaan sehari-hari. Hasil kinerjanya bisa kamu lihat pada gambar-gambar di bawah ini.


Kinerja chip grafis Nvidia GeForce 940MX pada notebook ini juga terbilang cukup lumayan untuk menjalankan game-game yang tidak terlalu berat.

PCplus sempat mencoba menjalankan beberapa game seperti Counter Strike: Global Offensive dan Overwatch, dan notebook ini mampu menjalankan game-game tersebut dengan baik. Game yang lebih berat juga bisa juga dijalankan, namun tentunya harus ada penyesuaian pada tingkat detil dan kualitas gambarnya.

Baterai mungkin bisa dibilang menjadi salah satu kekurangan pada Asus Vivobook 14 A405U ini. Saat kami coba, notebook ini hanya mampu bertahan sekitar 3 jam 20 menit saat digunakan untuk menonton video HD non-stop. Begitu pula dengan pengujian baterai menggunakan PCMark yang berada di kisaran 3 jam 50 menit.

Jadi kalau kamu ingin menggunakan notebook ini di luar dalam jangka waktu yang lama, kamu tetap perlu membawa charger untuk mengisi dayanya. Untungnya charger Asus Vivobook 14 A405U ini berukuran kecil dan mudah dibawa-bawa.

 

Kesimpulan

Dijual dengan harga sekitar 8 jutaan, Asus Vivobook 14 A405U ini menawarkan spesifikasi yang cukup lumayan untuk menjalankan pekerjaan sehari-hari dan juga menjalankan beberapa game.

Desain notebook ini yang cukup elegan dan ukuran yang ringkas dan ringan membuat Asus Vivobook 14 A405U ini juga tidak akan membebani kamu saat kamu membawanya kemana-mana menemani aktivitasi kamu.

Asus Vivobook 14 A405U

Daya tahan baterainya memang menurut PCplus masih agak kurang. Tapi masih bisa diatasi dengan ukuran charger yang sangat kompak.

Jadi, untuk sebuah notebook kelas menengah, Asus Vivobook 14 A405U ini bisa menjadi pilihan yang menarik jika kamu sedang mencari notebook di rentang harga di bawah 10 jutaan.

Plus: Bezel layar tipis, dimensi tipis dan ringan, kinerja cukup lumayan, konektivitas lengkap
Minus: Sudut pandang layar kurang, daya tahan baterai kurang

Tanggapan Kamu

komentar