Dinas Pendidikan Sumsel Lirik Sistem Belajar Online Milik Quipper

(ki-ka) Rusdiana (Kepsek SMAN 3 Palembang), Fajrie Nuari (Government Relations Quipper), Yuta Funase (Co-country Manager Quipper Indonesia), Widodo (Kepala Diknas Prov Sumsel), Mareza Bahariani (Staff Quipper)

Jakarta, PCplus. Salah satu indikator kemajuan suatu bangsa bisa dilihat dari mutu pendidikannya. Oleh sebab itu, di era modern seperti saat ini, kualitas pendidikan juga senantiasa ditingkatkan melalui cara-cara baru, termasuk dengan pemanfaatan teknologi.

Sebagai salah satu perusahaan edukasi teknologi (edu-tek), Quipper Indonesia pun memanfaatkan celah ini untuk turut memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Sistem belajar online milik Quipper pun berhasil memikat lima puluh dinas pendidikan di tingkat provinsi dan Kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Salah satu Dinas Pendidikan yang melakukan kerjasama dengan Quipper belum lama ini adalah Provinsi Sumatera Selatan. Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan pada 29 September lalu pun dihadiri kurang lebih 50 orang guru SMA dari sekolah-sekolah di Palembang.

menurut Quipper, kerja sama ini akan berlangsung selama Tahun Ajaran 2017-2018 di mana Quipper akan membantu memberdayakan ekosistem pendidikan di Sumatera Selatan dengan pelatihan, uji coba dan juga bimbingan kepada murid, guru dan sekolah di Sumatera Selatan.

Dalam hal ini, Quipper akan membantu guru dengan mengadakan pelatihan e-learning menggunakan Quipper School, yakni layanan kelas online yang dapat digunakan oleh guru dan siswa di seluruh Indonesia tanpa biaya. Menurut Quipper, pelatihan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan proses belajar mengajar yang efektif dan produktif menggunakan teknologi, sehingga dapat meingkatkan kompetensi guru dalam menghadapi era digital.

Tak hanya itu, Quipper juga menyatakan akan membantu Dinas Pendidikan Sumsel dalam mempersiapkan siswa-siswinya untuk menghadapi UN dan SBMPTN dengan memberikan uji coba layanan Quipper Video secara cuma-cuma.

“Dengan adanya kerja sama antara Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dengan Quipper Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” ujar Widodo (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan).

Sementara itu, Takuya Homma (Founding Member dan Country Manager Quipper Indonesia) yang juga hadir dalam MoU tersebut menuturkan jika pihaknya percaya bahwa peningkatan kualitas pendidikan dapat tercapai bukan hanya dengan penggunaan teknologi semata, tetapi juga dengan kerja sama yang baik antara semua pihak dalam ekosistem pendidikan, termasuk guru, siswa, sekolah dan juga pemerintah seperti dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Quipper Video sendiri adalah layanan pendidikan daring (online) premium yang memuat materi pembelajaran kurikulum 2006 dan 2013 tingkat SMP dan SMA, sesuai dengan standar nasional yang disajikan dalam bentuk video, catatan dan soal yang dirancang oleh tim profesional yang terdiri dari guru dan ahli pendidikan. Quipper Video juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya seperti misi pembelajaran harian, sistem poin serta pengawasan orang tua.

“Kerja sama ini merupakan satu lagi langkah Quipper dalam mewujudkan visi dan misi kami. Kami harap kami dapat melakukan lebih banyak lagi kerjasama di masa depan, menjangkau lebih banyak guru dan siswa, serta memberikan akses kepada pendidikan berkualitas agar mereka dapat bersaing di tingkat nasional, maupun global,” pungkas Takuya Homma.

Tanggapan Kamu

komentar