ECS Rilis Z370-Lightsaber, Motherboard yang Mendukung Coffee Lake

Jakarta, PCplus. Intel belum lama ini resmi meluncurkan prosesor Core generasi kedelapan yang juga dikenal dengan nama Coffee Lake. Untuk mendukung prosesor tersebut, Intel juga merilis chipset Z370 yang kompatibel dengan prosesor baru tersebut.

Sejumlah produsen motherboard pun telah mempersiapkan produk motherboard yang menggunakan chipset tersebut. Salah satunya adalah ECS yang baru-baru ini meluncurkan sebuah motherboard baru dengan chipset Intel Z370 yaitu ECS Z370-Lightsaber.

Motherboard ECS ECS Z370-Lightsaber menggunakan soket LGA 1151 dan chipset Intel Z370 yang dibuat untuk mendukung prosesor Intel Coffee Lake. Motherboard ini memiliki form-factor ATX dan memiliki empat selot RAM DDR4 yang mendukung kapasitas hingga 64 GB dan kecepatan lebih dari 3.200 MHz. Selain itu, terdapat tiga buah selot PCI-Express 3.0 x16 dan tiga buah selot PCI-Express x1 untuk ekspansi komponen seperti kartu grafis atau SSD.

Untuk perangkat penyimpanan, motherboard ini memiliki dua selot M.2 untuk SSD dan enam buah port SATA 6 Gbps yang mendukung konfigurasi RAID. Selain itu, ECS Z370-Lightsaber juga mendukung Intel Optane untuk kinerja penyimpanan yang lebih kencang.

Untuk menghasilkan kestabilan sistem yang maksimal, ECS Z370-Lightsaber memiliki teknologi DiGi Power dan menggunakan komponen choke dan MOSFET yang memiliki durabilitas tinggi sehingga memiliki kestabilan yang tinggi, termasuk saat di-overclock. Sementara sistem audionya menggunakan chip Realtek ALC 1150 7.1 yang juga menggunakan komponen berkualitas untuk menghasilkan audio berkualitas tinggi.

Selain itu, ECS Z370-Lightsaber juga dilengkapi dengan port USB dengan jumlah total 15  buah yang terdiri dari 2 port USB 3.1, 6 port USB 3.0, dan 7 port USB 2.0. Semua port tersebut juga mendukung teknologi Lightning USB yang diklaim mampu menghasilkan kinerja transfer data yang lebih cepat. Motherboard ini juga dilengkapi dengan tombol untuk melakukan overclock otomatis serta sistem pencahayaan LED yang bisa dikontrol melalui BIOS.

Tanggapan Kamu

komentar