Google Store Buka di Indonesia, Tapi Ternyata Gitu Aja

Jakarta, PCplus. Kabar baik bagi pencinta produk Google. Pada halaman Google Store, bendera Merah Putih kini sudah muncul sebagai pilihan negara. Indonesia memang menjadi satu dari enam negara baru yang dipilih Google untuk memasarkan produknya (lima lainnya adalah Meksiko, Brazil, Malaysia, Pilipina, dan Thailand). Berarti kini ada 36 negara yang telah memiliki Google Store.

Namun saat kami coba Google Store versi Indonesia, pilihannya memang masih terbatas. Atau lebih tepatnya cuma satu, yaitu Google Chromecast 2. Bagi yang belum tahu, Chromecast adalah perangkat untuk streaming konten (foto, musik, atau film) ke televisi kamu.

Jika kamu kami tertarik membeli Chromecast, kamu tidak bisa melakukannya di Google Store ini. Halaman Google Store hanya menampilkan tautan (link) ke dua penjual (atau Google menggunakan kata pengecer), yaitu Lazada dan Indosat Ooredoo GiG. Saat mengeklik Lazada, kami dibawa ke halaman utamanya. Jadi kami harus mengetikkan “Chromecast” di kolom pencarian.

Sementara saat mengeklik tautan Indosat Ooredoo GiG, kamu akan dibawa ke halaman gig.id yang memuat beberapa paket produk Google. Yang ada Chromecast-nya adalah paket GiG 15 yang terdiri dari Chromecast dan Google Drive 50 GB dengan kecepatan maksimal 15 GB. Sementara paket yang lebih kencang adalah GiG 30 yang terdiri dari Chromecast dan Google Drive 50 GB.

Sayangnya Indosat tidak menyebut berapa harga setiap paket. Untuk tahu harga paketnya, kamu harus mendaftar terlebih dadulu. Namun jika mengacu kepada informasi di Gadgetren, harga paket GiG 15 adalah Rp400 ribu, sedangkan GiG 30 sebesar Rp750 ribu.

Namun jika kamu teliti, sebenarnya paket Indosat GiG ini sudah ada sejak awal tahun ini. Jadi tawaran yang disediakan Google Store Indonesia juga bukan hal baru. Begitu pula dengan Chromecast di Lazada. Kamu bisa mencari produk tersebut sejak lama dan bukan cuma di Lazada. Harga yang ditawarkan di Lazada, yaitu Rp549 ribu, juga tidak jauh berbeda dengan harga di Tokopedia dan Bukalapak.

Jadi bisa dibilang, Google Store Indonesia sebenarnya tidak terlalu istimewa. Fungsinya cuma merekomendasikan toko daring (online) yang menjual produk Google. Namun perlu dicatat kalau pengalaman ini PCplus dapat pada 5 Oktober 2017, atau sehari setelah Google Store Indonesia resmi dirilis.

Jadi Google mungkin membutuhkan waktu untuk menyediakan produk eksotis mereka seperti Google Pixel 2 atau Pixel Buds.

Kita tunggu saja perkembangannya.

Tanggapan Kamu

komentar