iOS Terbaru Bikin iPhone Lawas Melambat?

Jakarta, PCplus. Setiap Apple merilis sistem operasi iOS terbaru untuk iPhone maupun iPad, sistem operasi tersebut dianggap akan membebani perangkat lawas yang awalnya hadir menggunakan sistem operasi versi sebelumnya. Hampir setiap kali setelah update sistem operasi baru, banyak pengguna yang merasakan bahwa perangkat iPhone mereka melambat dan lebih lama saat menjalankan aplikasi.

Tapi benarkah demikian? Jika menilik dari berbagai perbaikan serta fitur tambahan baru yang diberikan pada sistem operasi baru, tampaknya wajar jika iPhone lawas yang menggunakan spesifikasi lebih lama akan sedikit kesulitan menjalankannya. Namun Futuremark justru mengatakan hal yang berbeda.

Futuremark, perusahaan yang terkenal dengan berbagai aplikasi pengujian untuk komputer dan smartphone, baru-baru ini merilis sebuah laporan yang menunjukkan kinerja iPhone saat masih menggunakan iOS lawas hingga iOS terbaru yaitu iOS 11.

Grafik: Futuremark

Futuremark menggunakan beberapa smartphone seperti iPhone 5s hingga iPhone 7. iPhone 5s merupakan iPhone paling lawas yang masih mendukung iOS 11. Dalam laporan yang menggunakan lebih dari seratus ribu data pengujian yang dilakukan oleh pengguna aplikasi 3DMark, iPhone 5s menunjukkan kinerja yang tetap konsisten saat menggunakan sistem operasi iOS 9, iOS 10, maupun iOS 11.

Namun Futuremark juga menjelaskan, walaupun sebenarnya kinerja iPhone tetap konsisten walaupun menggunakan sistem operasi baru yang relatif lebih berat, sejumlah fitur baru yang mungkin membutuhkan kinerja lebih kencang akan membuat iPhone lawas terasa lebih lamban.

Begitu pula dengan aplikasi yang didesain untuk memanfaatkan teknologi yang ada pada iPhone generasi baru dan mungkin tidak dapat dijalankan dengan lancar pada iPhone lawas dapat memberikan kesan bahwa kinerja iPhone melamban.

Tanggapan Kamu

komentar