iPhone X Laku, Samsung Ikut Untung

Jakarta, PCplus. Tingginya antusiasme orang soal iPhone X ternyata membuat Samsung ikut deg-degan. Bukan apa-apa, soalnya Samsung juga ikut untung besar jika iPhone X laku di pasaran.

Peran Samsung di iPhone X emang terasa banget. Komponen termahal iPhone X, yaitu layar bertekonologi OLED, adalah buatan Samsung. Begitu juga baterai dan kapasitor untuk iPhone X. Menurut perhitungan lembaga analisis Counterpoint Technology Market Research, Samsung akan mendapatkan pemasukan US$110 dari setiap iPhone X yang terjual.

Counterpoint juga memperkirakan, iPhone X akan terjual sekitar 130 juta unit setelah 20 bulan sejak resmi dijual. Jika Samsung mendapatkan US$110 dari setiap iPhone X, berarti kira-kira Samsung akan mendapatkan US$14,3 miliar. Banyak ‘kan?

Ironisnya, pendapatan Samsung dari iPhone X ini bisa lebih besar jika dibanding Samsung menjual Galaxy S8. Emang sih, Samsung mendapatkan US$202 dari setiap Galaxy S8 yang terjual. Namun karena Galaxy S diperkirakan “cuma” terjual 50 juta unit, Samsung hanya mendapatkan US$10 miliar dari itu.

Jadi meski Apple dan Samsung sebenarnya merupakan saingan, keduanya tetap saling membutuhkan. Dulu Apple sempat mencoba-coba pindah ke lain hati dengan mencari perusahaan lain untuk memproduksi layar iPhone. Namun usaha ini gak berhasil, mengingat Samsung adalah produsen layar terbesar dan tercanggih saat ini.

Jadi, mau gak mau Apple emang harus bergantung pada Samsung.

 

Tanggapan Kamu

komentar