Mozilla Segera Hentikan Dukungan terhadap Firefox untuk XP dan Vista

Jakarta, PCplus. Kamu masih menggunakan Windows XP atau Windows Vista dan menggunakan browser Mozilla Firefox? Jika ya, bersiaplah untuk melakukan upgrade sistem operasi atau mencari  browser alternatif lain.

Dalam sebuah keterangan yang dirilis di blog resmi Mozilla, Mozilla menyatakan bahwa pihaknya akan segera menghentikan dukungan terhadap Firefox di Windows XP dan Windows Vista. Dukungan Mozilla terhadap Firefox untuk Windows XP dan Windows Vista akan segera berakhir pada bulan Juni 2018 mendatang.

Sejak tahun 2016 lalu, Mozilla telah menjalankan program Extended Support Release (ESR) bagi pengguna Firefox yang masih menggunakan Windows XP maupun Windows Vista. Untuk program ESR ini, Mozilla masih akan merilis pembaruan (update) berupa sejumlah perbaikan dari sisi keamanan setiap enam minggu. Namun, Firefox versi ESR ini tidak akan menerima tambahan fitur baru yang hadir pada Firefox versi terbaru untuk sistem operasi Windows yang lebih baru.

Pada bulan Juni 2018 mendatang, Firefox versi ESR 52 akan menjadi versi Firefox terakhir yang masih didukung oleh Mozilla untuk pengguna Windows XP dan Windows Vista. Setelah itu, Mozilla tidak akan lagi merilis perbaikan keamanan yang berarti penggunanya akan lebih rentan terhadap berbagai serangan baru yang mungkin terjadi.

Untuk itu, Mozilla juga menyarankan pengguna Windows XP atau Windows Vista untuk segera mengganti sistem operasinya dengan Windows yang masih didukung oleh Microsoft untuk mendapatkan update keamanan serta fitur baru untuk Firefox.

Selain Mozilla, Microsoft juga telah menghentikan dukungan untuk Internet Explorer pada Windows XP sejak tahun 2014, dan Windows Vista pada April 2017 lalu. Google juga telah menghentikan dukungan Chrome untuk kedua sistem operasi tersebut pada April 2016.

Tanggapan Kamu

komentar