Whatsapp Buat Emoji Sendiri, Tapi Masih Mirip yang Dulu

 

Jakarta, PCPlus. Kalo kamu chatting pakai Whatsapp, kamu pasti sudah akrab dengan ratusan emoji yang mereka sediakan. Namun tahukah kamu kalo emoji tersebut bukan buatan Whatspp sendiri? Emoji itu sebenarnya buatan Apple untuk iPhone. Mungkin karena malas buat sendiri, emoji milik Apple ini kemudian digunakan di Android dan Windows.

Nah sekarang, Whatsapp tidak malas lagi. Setidaknya jika melihat Whatsapp versi beta di Android, mereka kini mulai menggunakan emoji buatan sendiri. Cuma memang, perbedaannya gak signifikan. Contohnya untuk emoji tertawa sampai ketawa, perbedaannya cuma lengkung mata dan alis. Atau emoji tertawa yang keluar keringat, keringatnya berubah posisi dari kanan ke kiri. Agak gak jelas nih 😀

Emoji lama

Emoji baru

Gak jelas kenapa Whatsapp melakukan perubahan ini. Kalau PCplus boleh menebak, mungkin Whatsapp merasa perlu membuat emoji yang lebih variatif dibanding buatan Apple. Dan karena tidak mau membuat pengguna bingung, mereka pun menggunakan emoji yang mirip dengan versi sebelumnya.

Cuma ngomong soal bingung, sebenarnya kondisi peremojian sekarang sudah cukup ribet. Soalnya Facebook Messenger juga mengubah emoji yang mereka gunakan. Sebelumnya mereka memiliki emoji sendiri, namun sekarang mereka menggunakan emoji yang sama dengan aplikasi Facebook. Cuma ada kecualinya. Kalau kamu menggunakan iPhone, emoji yang digunakan di Facebook dan Messenger tetap standar iOS.

Jadi kondisinya sekarang, ada satu set emoji untuk Facebook dan Messenger (kecuali iOS) dan satu set emoji untuk Whatsapp (khusus untuk Android, sementara untuk iOS belum jelas). Sementara Instagram terbilang pasrah: mereka menggunakan emoji bawaan  smartphone.

Tapi ingat ya, emoji baru ini masih dalam untuk Whatsapp versi beta. Whatsapp belum mengumumkan kapan emoji buatan mereka ini resmi digunakan.

Tanggapan Kamu

komentar