Inilah Fitur-Fitur yang Hadir di Android Oreo

Pada tanggal 21 Agustus 2017 yang bertepatan dengan gerhana matahari total (GMT) yang terjadi di wilayah Amerika Serikat, Google secara resmi mengumumkan nama baru sistem operasi Android generasi berikutnya yaitu Android 8.0 Oreo.

Memiliki tagline Open Wonder, saat perkenalannya, Android Oreo masih dalam tahap developer preview dan masih diuji coba sebelum masuk ke tahap berikutnya. Meski demikian, Google telah mengumumkan fitur-fitur yang disematkan pada sistem operasi tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

Background Limits

Android akan membatasi aktivitas aplikasi yang bekerja di latar belakang (background) agar penggunaan daya menjadi lebih irit.

Dua kali lebih cepat

Proses booting di Android 8.0 akan memiliki kecepatan yang dua kali lebih cepat. Untuk kecepatan yang dimaksud, Google menggunakan patokan dari Google Pixel.

Fitur Autofill

Dengan izin pengguna, Android akan mengingat password yang digunakan saat login untuk mempercepat akses ke aplikasi tertentu.

Mode Picture-in-Picture

Mode ini memungkinkan pengguna membuka aplikasi lain sambil tetap menonton YouTube atau Netflix. Aplikasi yang digunakan harus sudah mendukung video PiP seperti Chrome, YouTube dan VLC.

Notifications Dots

Android Oreo kini dilengkapi dengan fitur notification dots seperti iOS, yang akan muncul saat ada pemberitahuan yang belum Anda buka dari aplikasi.

Keamanan yang lebih baik

Dilengkapi dengan Google Play Protect, aplikasi ini akan berusaha melindungi data dari malware dan memberi notifikasi jika ada aplikasi yang mencurigakan.

Instant Apps

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi tanpa perlu memasangnya terlebih dahulu, cukup langsung jalankan dari peramban Chrome.

Emoji baru

Google menambahkan sekitar 60 emoji baru khusus bagi pengguna aplikasi chatting.

Smart Text Selection

Ini akan memudahkan proses copy paste dengan cara yang lebih praktis karena Google secara otomatis akan langsung mengenali kata atau frasa tersebut.

Dukungan audio bluetooth kualitas tinggi

Android ini mendukung fitur Hi-Fi Bluetooth Audio sehingga memungkinkan pengguna mendengarkan musik lewat perangkat Bluetooth dengan kualitas tinggi (highbitrate). (PCplus)

Tanggapan Kamu

komentar