• Home »
  • Fitur »
  • Ini Cara Melihat Password Wi-Fi yang Tersimpan di Android Tanpa Rooting

Ini Cara Melihat Password Wi-Fi yang Tersimpan di Android Tanpa Rooting

Kadang-kadang, kita ingin melihat password di Android yang sudah lama tersimpan. Mungkin saja kita ingin membagi password ini ke teman atau sahabat kita saat sedang berkumpul di suatu tempat atau kafe misalnya.

Android sendiri memang menyediakan cara untuk melihat password saat pertama kali dimasukkan/diketikkan. Namun jika password ini sudah tersimpan, kita tidak bisa melihatnya lagi (kecuali dengan rooting dan  langkah tertentu). Nah, kali ini PCplus akan sajikan langkah tanpa rooting untuk melihat password Wi-Fi di Android.

Caranya sebenarnya gampang kok. Namun, syaratnya, smartphone yang ingin dilihat password Wi-Fi-nya haruslah smartphone Xiaomi. Kenapa? Karena sejauh ini hanya smartphone Xiaomi yang memiliki fitur password sharing via QR Code. Namun kita bisa menggunakan smartphone atau komputer tablet merek lain untuk menyalin (copy) password yang kita dapat dari smartphone Xiaomi ini.

Oke mari kita mulai.

  1. Pertama, di smartphone lain yang ingin kita salinkan (copy) password ini, kita pasangi dulu aplikasi pembaca kode QR (QR code reader). Ada banyak aplikasi QR code ini di Google Play. Silakan pilih salah satu.
  2. Lalu, jalankan aplikasi QR code ini.
  3. Lalu, di smartphone Xiaomi, masuklah ke Settings, lalu pilih WLAN
  4. Pilih access point yang sedang dipakai (yang aktif), yang ditandai oleh kalimat “Tap to share password

5. Akan tampil QR code.

6. Lalu pindailah (scan) QR code yang tampil ini via smartphone lain dengan aplikasi pembaca QR code yang dipasang sebelumnya.

7. Setelah dipindai, aplikasi pembaca QR code akan menampilkan password akses Wi-Fi.

 

8. Kita tinggal mengetikkan password ini di smartphone yang akan dihubungkan ke jaringan nirkabel yang diinginkan. Kita juga bisa menggunakan menu send message yang ada dalam aplikasi QR code untuk mengirim password ini ke smartphone lainnya.

Nah mudah bukan? Selamat mencoba ya. (PCplus)

Tanggapan Kamu

komentar