Review Asus Zenfone 4 Selfie ZD553KL

Jakarta, PCplus. Seakan tak ingin tertinggal di industri smartphone khusus selfie yang semakin marak di pasaran Indonesia, Asus kembali merilis smartphone yang diciptakan bagi penggemar swafoto tersebut. Setelah menghadirkan varian Asus Zenfone 2 Selfie alias generasi pertama smartphone selfie di tahun 2015 lalu, kini Zenfone Selfie kembali hadir di jajaran Zenfone 4 series.

Tidak seperti pendahulunya, yang hadir sendirian dan memiliki masa jual yang cukup panjang, sekitar 2 tahun umurnya, Asus kini menghadirkan dua model Zenfone Selfie. Salah satunya adalah Zenfone 4 Selfie ZD553KL. Ditujukan untuk pengguna mainstream, tampaknya varian ini akan menjadi smartphone swafoto pilihan menarik bagi penggemar selfie. Berikut ini akan kita kupas sedikit terkait Asus Zenfone 4 Selfie ZD553KL.


Desain
ASUS ZenFone 4 Selfie menggunakan desain berbasis aluminium alloy dengan bahan polycarbonate dengan metallic finish. Penggunaan material yang kuat ini membuatnya nyaman dalam genggaman. Metode pembungkus jenis unibody membuat smartphone ini semakin tampak elegan.

Dari sisi body, ZenFone 4 Selfie ZD553KL diberi finishing permukaan yang diamplas menggunakan partikel berukuran 0,125 milimeter, serta sudut dan tepian yang membulat lembut. Material dengan penampilan premium ini tidak hanya membuat smartphone tampak cerdas, tetapi juga membuatnya punya daya tahan yang lebih baik.

Meski demikian, jika telapak tangan kita kering, memegang material casing seperti ini kadang terasa licin. Namun jika telapak tangan berkeringat, kadang pula casing terlihat jorok. Untuk alasan ini, Asus sudah menyediakan jelly case tambahan berwarna bening transparan agar warna Zenfone 4 Selfie tersebut tidak tertutupi.


Untuk menambah kenyamanan saat disentuh, layar depan Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL juga menggunakan kontur yang disebut dengan 2.5D. Kontur yang membulat sangat halus ini menghasilkan teknik manufaktur yang sangat presisi. Sudut dengan kontur 2.5D itu, tak hanya membuat smarthone tampak lebih cantik, tetapi juga membantu layar kaca berpadu sempurna dengan diamond cut metallic chamfered edge dan menambah kenyamanan saat menggenggam unitnya.

Pada ZenFone 4 series, termasuk ZenFone 4 Selfie ZD553KL, Asus telah memindahkan fingerprint sensor ke bagian depan smartphone. Sensor yang berfungsi sekaligus sebagai tombol home tersebut didesain dengan manis dengan lis metallic di sekelilingnya. Tak perlu ditekan, cukup disentuh, maka tombol tersebut sudah dapat langsung membuka kunci smartphone atau menuju ke home screen kurang dari 1 detik.

Fitur
Asus ZenFone Selfie yang menjadi salah satu anggota ZenFone 4 series ini memilik dua buah kamera depan. Penggunaan dua kamera tersebut merupakan peningkatan yang sangat signifikan. Selain dari jumlah kamera yang digunakan, resolusi sudah ditingkatkan. Adapun dua buah kamera yang disediakan sendiri memperluas kemungkinan apa yang bisa pengguna lakukan saat memotret selfie dengan kamera depan yang bersangkutan.

ZenFone 4 Selfie merupakan perangkat yang ideal untuk digunakan mengambil swafoto mandiri dan juga group atau wefie. Kedua kamera depan yang dimiliki sendiri memiliki fungsi yang berbeda. Tujuannya adalah agar penguna bisa mendapatkan foto selfie terbaik untuk segala situasi, baik sendiri ataupun bersama dengan teman-teman.


Kedua kamera tersebut salah satunya adalah kamera depan resolusi tinggi, yakni 20 megapixel yang mampu memproduksi selfie dengan detail yang sangat baik. Kamera ini dipasangkan dengan sebuah kamera depan wide angle hingga 120 derajat yang sangat ideal untuk mengambil foto group selfie atau wefie dengan latar belakang pemandangan yang luas.

Adapun untuk kamera belakang, ia punya resolusi 16MP. Dengan aperture f/2.0, kamera tersebut cukup baik untuk digunakan saat memotret dalam kondisi pencahayaan kurang. Namun demikian, Asus juga sudah melengkapinya dengan dual tone LED flash untuk memaksimalkan hasil foto saat kondisi redup. Adapun sudut pandanga kamera ini mencapai 80 derajat.

Spesifikasi
Sebelum membahas lebih lanjut, kita bahas sedikit spesifikasi teknis utama dari ASUS ZenFone 4 Selfie ZD553KL. Smartphone ini memiliki jeroan mesin antara lain, CPU Qualcomm Snapdrgon 430 octa-core up to 1.4GHz (8x ARM Cortex A53), GPU Qualcomm Adreno 505, RAM 4GB, storage 64GB, layar resolusi HD, sistem operasi Android 7.1.1 yang dilapisi oleh user interface atau sistem antarmuka ZenUI 4.0. Berikut ini spesifikasi lengkapnya:


Berhubung menggunakan desain unibody, ZenFone 4 Selfie tidak dapat dibongkar pasang casingnya. Untuk itu, di sebelah kiri body tersedia Micro SD dan SIM card tray. Pengguna dapat memasang dua buah SIM card (nano SIM card) dan satu buah MicroSD sekaligus ke dalamnya untuk menambah kapasitas penyimpanan data.

Pada ASUS ZenFone 4 Selfie, pengguna tidak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM untuk mendapatkan tambahan kapasitas penyimpanan via kartu MicroSD karena SIM tray pada smartphone ini bertipe triple slot. Tidak seperti sebelumnya, atau pada smartphone lain pada umumnya yang bertipe hybrid.
Kedua slot SIM card milik smartphone ini juga mendukung koneksi 4G dengan kecepatan download hingga 150Mbps. Adapun untuk MicroSD, kartu yang didukung oleh slot tersebut adalah SDXC hingga berkapasitas 2TB, kapasitas terbesar saat ini untuk sebuah kartu MicroSD.

Kamera
Seperti sudah disebutkan di atas, Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL merupakan smartphone khusus swafoto. Untuk itu, kelebihan utamanya adalah pada kamera depan yang menggunakan system dual camera. Kamera depan utama menggunakan resolusi 20MP dengan angle hingga 69 derajat dan kamera depan kedua menggunakan resolusi 8MP dengan angle sangat luas hingga 120 derajat.

Pada kamera belakang, Asus menempatkan sebuah kamera 16MP dengan sudut pandang hingga 80 derajat. Berikut ini contoh hasil foto menggunakan Zenfone 4 Selfie ZD553KL:

Kamera Depan Utama

Kamera Depan (Portrait)

Kamera Depan (Low Light Condition)

Kamera Belakang (HDR)

Kamera Belakang (Manual Focus)

Performa
Berikut ini hasil pengujian dengan aplikasi-aplikasi benchmark populer seperti AnTuTu, 3D Mark, GeekBench dan PC Mark.

Dari pengujian dengan software AnTuTu, terlihat bahwa smartphone ini menawarkan performa yang memadai untuk ukuran smartphone mainstream masa kini. Demikian pula untuk aplikasi grafis yang ditunjukkan dengan software 3D Mark.


Performa single-core ataupun multi-core CPU yang digunakan, yakni Qualcomm Snapdragon 430 juga cukup baik. Tak ada masalah saat menjalankan aplikasi web, video editing, ataupun aplikasi umum secara multitasking.


Prosesor Qualcomm Snapdragon 430 yang digunakan, yang bekerja pada kecepatan 960MHz sampai 1,4GHz tergantung load yang sedang diberikan, menawarkan efisiensi yang cukup baik. Terlihat, jika smartphone sedang dalam kondisi idle, ia akan mematikan sebagian besar core yang dimiliki. Dan core yang aktif pun akan bekerja pada kecepatan terendah.

Hasilnya, baterai sebesar 3000mAh yang digunakan menawarkan masa aktif hingga 10 jam lebih saat digunakan untuk bekerja secara multi-tasking. Jika penggunaan Anda tidak terlalu intens, baterainya tentu akan bertahan jauh lebih lama.

Tak lengkap rasanya kalau kita tidak mencoba bermain game di smartphone untuk mengetahui performanya. Kali ini, game yang kita mainkan adalah Sim City dan Mobile Legends.

Memainkan game 3D casual seperti Sim City, Asus Zenfone 4 Selfie ZD553KL dapat melakukannya dengan tanpa masalah. Tampilan sangat smooth dan gameplay pun terasa menyenangkan.

Pada game bergenre Multiplayer online battle arena (MOBA) yang sedang kekinian, yakni Mobile Legends, game juga dapat dimainkan dengan lancar. Saat bermain, PCplus tidak merasakan framerate drop atau lag. Namun tentunya, jika dimainkan dalam durasi yang relatif wajar, sekitar 1-2 jam sebelum device mulai terasa hangat jika bermain non stop, apalagi di luar ruangan.

Kesimpulan
Dari pengujian yang dilakukan di atas, terlihat bahwa Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL merupakan smartphone selfie yang sangat menarik. Ia punya performa yang cukup memadai dan efisiensi energi yang juga baik. Dari sisi kamera, fitur dual camera di bagian depan smartphone menawarkan opsi yang menarik saat pengguna akan mengambil foto-foto selfie. Baik di tempat yang terang ataupun yang berpencahayaan kurang memadai.

Lensa wide yang disediakan juga membuat kita bisa melakukan banyak eksperimen, termasuk saat akan memotret selfie beramai-ramai atau menggunakan Portrait Mode alias bokeh yang saat ini sedang marak. Kamera belakang smartphone ini juga menawarkan kemampuan foto yang cukup baik.

Secara keseluruhan, untuk sebuah smartphone kelas menengah, ASUS ZenFone 4 Selfie sangat tepat untuk segmen penggemar swafoto. Harganya yang juga relatif terjangkau, di Rp3,4 jutaan sangat sepadan dengan performa dan fitur yang ditawarkan.

Tanggapan Kamu

komentar