Google Translate, Terjemahkan Bahasa Asing dengan Berbagai Cara

Google menghadirkan aplikasi Google Translate untuk memudahkan menerjemahkan suatu bahasa. Uniknya, aplikasi ini bisa menerjemahkan bahasa melalui empat cara berbeda, dari teks, suara, gambar, sampai tulisan tangan. Aplikasi ini mendukung hingga 103 bahasa terkemuka di dunia. Namun aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk sistem operasi Android saja, melainkan juga tersedia bagi pengguna perangkat berbasis iOS.

Fitur

Aplikasi ini mendukung fitur offline yang artinya bisa digunakan meski tidak terdapat koneksi internet. Untuk itu unduh terlebih dahulu database dari bahasa yang kamu pilih dengan mencentang pilihan Translate Offline. Khusus untuk fitur offline ini, Google Translate hanya mendukung hingga 59 bahasa. Sementara untuk pilihan terjemahan bahasa Indonesia, data yang mesti diunduh sebesar 30 MB.

Seperti disebut sebelumnya, ada empat cara yang bisa dilakukan untuk menerjemahkan langsung dari aplikasi ini. Yang pertama dengan cara mengetik. Ketik kata atau kalimat yang diinginkan dalam kolom kosong yang bertuliskan Tap to Enter Text. Setelah mengetik kata atau kalimat, aplikasi akan langsung mengubahnya ke pilihan bahasa yang telah kamu tentukan di bawahnya.

Terjemahkan kata atau kalimat juga bisa dilakukan langsung dari suara. Tekan ikon mikrofon yang berada di tengah dan ucapkan kata atau kalimat yang dimaksud. Nantinya aplikasi ini akan menerjemahkan melalui teks serta suara.

Untuk menerjemahkan tulisan tangan, tekan ikon yang ada di pojok kanan. Buat tulisan tangan di kolom kosong bagian bawah yang bertuliskan Write Here. Aplikasi akan mendeteksi tulisan dan kamu bisa langsung mengonfirmasi tulisan tersebut jika benar. Fungsi ini memang lebih cocok digunakan pada smartphone yang memiliki stylus.

Yang terakhir dengan menangkap kata atau kalimat dari suatu gambar atau tulisan dengan memotretnya menggunakan kamera. Dari aplikasi ini, tekan ikon kamera yang berada di pinggir kiri. Setelah kamera aktif, kamu bisa mengarahkannya ke dokumen atau suatu tulisan. Ada dua cara yang bisa dilakukannya, pertama bisa langsung menerjemahkan secara real-time dengan syarat ikon mata yang terdapat di sisi kanan harus aktif. Yang kedua, kamu bisa mematikan ikon mata ini dan menerjemahkannya setelah tulisan dijepret menggunakan kamera dan kamu bisa menerjemahkannya satu persatu dengan menekan tiap kata.

Kesimpulan

Google Translate bisa menjadi acuan bagi kamu untuk menerjemahkan berbagai bahasa. Asiknya, terjemahan kata atau kalimat bisa dilakukan melalui empat cara berbeda. Dukungan fitur offline juga memudahkan penggunaan meski tidak terdapat koneksi internet. Dengan kemampuannya tersebut, aplikasi ini bisa menjadi teman setia, terutama saat berkunjung ke tempat yang menggunakan bahasa asing. (PCplus)

Deskripsi
Pengembang: Google, Inc
Lisensi: Gratis
Platform: Android 4.0 ke atas (12,81 MB), iOS 9.1 ke atas (61,6 MB)

Tanggapan Kamu

komentar