Basmi Software Berbahaya, Google Gandeng ESET Luncurkan Chrome Cleanup

Jakarta, PCplus. ESET belum lama ini menyatakan menjadi mitra Chrome dengan meluncurkan Chrome Cleanup, sebuah pemindai dan pembersih baru untuk Google Chrome.

Chrome Cleanup ini menurut ESET dirancang untuk membantu pengguna menjelajahi web dengan aman dan tanpa gangguan. Chrome Cleanup ini menurut ESET akan tersedia untuk semua pengguna Google Chrome yang berjalan di Windows.

ESET menyatakan bahwa Chrome Cleanup akan mengingatkan pengguna Google Chrome terhadap ancaman potensial saat mendeteksi perangkat lunak yang tidak diinginkan. Google Chrome kemudian akan memberi pengguna pilihan untuk menghapus perangkat lunak.

ESET menyatakan bahwa Chrome Cleanup beroperasi dari balik layar tanpa terlihat atau mengganggu pengguna. Chrome Cleanup menurut ESET akan menghapus perangkat lunak dan memberitahukan pengguna setelah pembersihan berhasil diselesaikan.

Untuk melengkapi sistem keamanan Google ini, ESET menyatakan meluncurkan tiga perubahan guna membantu Chrome untuk Windows pulih dari infeksi perangkat lunak yang tidak diinginkan, yakni:

  1. Hijacked Settings Detection

Ekstensi menurut ESET dapat membantu membuat Chrome lebih bermanfaat, seperti penyesuaian pengelolaan tab. Tapi beberapa ekstensi menurut ESET bisa mengubah setting tanpa disadari pengguna.

Sekarang, saat Chrome mendeteksi bahwa setelan pengguna telah diubah tanpa persetujuan, ia akan menawarkan pengguna untuk mengembalikan setelan yang dimodifikasi. Pada bulan lalu, fitur ini menurut ESET telah membantu jutaan orang pulih dari pengaturan yang tidak diinginkan.

ESET menyatakan bahwa pengguna juga dapat mengatur ulang pengaturan profil kapan saja dengan membuka chrome://settings/resetProfileSettings

  1. Chrome Cleanup yang Lebih Simpel

ESET menambahkan bahwa saat pengguna mengunduh perangkat lunak atau konten lainnya, terkadang perangkat lunak yang tidak diinginkan menjadi bagian dari proses penginstalan tanpa disadari.

Itulah sebabnya di Chrome untuk Windows, fitur Chrome Cleanup memperingatkan orang-orang saat mendeteksi perangkat lunak yang tidak diinginkan dan menawarkan cara cepat untuk menghapus perangkat lunak dan mengembalikan Chrome ke setting aslinya.

ESET menyatakan baru saja menyelesaikan desain ulang Chrome Cleanup, dengan antarmuka baru lebih sederhana dan memudahkan pengguna untuk melihat perangkat lunak apa yang akan dihapus.

  1. Mesin Cleanup yang lebih bertenaga

ESET menyatakan bahwa Google meningkatkan teknologi yang digunakan di Chrome Cleanup untuk mendeteksi dan menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan dengan bekerja sama dengan ESET.

Tujuannya menurut ESET adalah untuk menggabungkan mesin pendeteksi ESET dengan teknologi sandbox Chrome. Dengan begitu, ESET menyatakan bahwa Chrome kini dapat mendeteksi dan menghapus lebih banyak perangkat lunak yang tidak diinginkan daripada sebelumnya, yang berarti lebih banyak orang bisa mendapatkan keuntungan dari Chrome Cleanup.

Namun, ESET menyatakan bahwa mesin sandboxed baru ini bukanlah antivirus. Tujuan umumnya hanya menghapus perangkat lunak yang tidak sesuai dengan kebijakan perangkat lunak yang tidak diinginkan.

ESET menyatakan bahwa Chrome Cleanup sudah mulai diluncurkan kepada pengguna Chrome untuk Windows. Selama beberapa hari mendatang, peluncuran ini menurut ESET akan membantu puluhan juta pengguna Chrome kembali ke web yang bersih dan aman.

ESET menambahkan bahwa pengguna Google Chrome bisa mengunduh Google Chrome Cleanup secara gratis di alamat ini https://www.google.com/chrome/cleanup-tool/index.html

Tanggapan Kamu

komentar