Bantu Analisis Wajah dari CCTV, Hitachi Luncurkan Intelligent Video Analysis System

Jakarta, PCplus. PT Hitachi Asia Indonesia, kantor cabang Hitachi di Indonesia, belum lama ini mengumumkan Intelligent Video Analysis System (IVAS) untuk pasar Indonesia. Intelligent Video Analysis System ini menurut Hitachi Asia Indonesia menganalisis gambar wajah yang ditangkap oleh kamera keamanan untuk mengidentifikasi orang tertentu yang diinginkan secara real-time.

Menurut Hitachi, upaya-upaya keamanan di area publik makin ditingkatkan di berbagai negara. Di Indonesia, terdapat permintaan yang terus meningkat terhadap perlengkapan untuk memastikan dan meningkatkan keamanan di area perkotaan dan fasilitas berskala besar seperti bandara, pelabuhan, gedung perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan dan area-area umum lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Hitachi Asia Indonesia menyatakan bahwa sistem yang menggunakan kamera keamanan atau rekamannya untuk mendeteksi individu yang mencurigakan telah menjadi lazim.

Namun, menurut Hitachi Asia Indonesia, solusi yang ada saat ini di pasaran mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi orang-orang secara spesifik jika gambar diambil dalam keadaan gelap, atau jika orang tersebut berada jauh dari kamera. Untuk menjawab tantangan tersebut, diperlukan upaya untuk memperbaiki tingkat keberhasilan identifikasi foto.

Hitachi Asia Indonesia menyatakan bahwa Intelligent Video Analysis System yang diluncurkan ini akan dengan cepat mengidentifikasi individu yang terekam dengan melakukan pencarian gambar serupa dan membandingkan gambar wajah yang diperoleh dari kamera keamanan dengan database gambar wajah yang telah terakumulasi secara real-time.

Dengan memanfaatkan teknologi pencarian berkecepatan tinggi Hitachi untuk berbagai gambar wajah yang memiliki kemiripan, Hitachi Asia Indonesia menyatakan bahwa Intelligent Video Analysis System ini akan mengidentifikasi kemiripan gambaran individu yang ditangkap walaupun gambar tersebut berbeda dari aslinya.

Misalnya, Intelligent Video Analysis System dapat tetap mengenali gambaran individu yang tertangkap walaupun kecerahan gambar dan sudut wajahnya berbeda. Pengguna dari Intelligent Video Analysis System ini juga dapat menampilkan hasil dengan menyaring data berdasarkan data gambar, ID kamera dan kerangka waktu yang tentunya dapat mengurangi proses kerja manual dan meningkatkan efisiensi serta akurasi pemantauan. Selain itu pencarian gambar secara cepat sebelum dan sesudah pengambilan gambar dapat dilakukan.

Dengan memperkenalkan sistem ini pada kegiatan-kegiatan operasi pemantauan di area publik ataupun fasilitas-fasilitas berskala besar, Hitachi Asia Indonesia menyatakan bahwa penyelidikan terhadap orang tertentu dapat lebih efisien sekaligus juga meningkatkan fungsi pemantauan.

Dengan menghadirkan Intelligent Video Analysis System ini melalui para vendor dan mitra bisnis, PT Hitachi Asia Indonesia menyatakan berharap dapat berkontribusi pada peningkatan keamanan dan pencegahan kejahatan di ruang publik guna menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terjamin.

Tanggapan Kamu

komentar