Gandeng AMD, Intel Hadirkan Prosesor Generasi Kedelapan dengan Chip Grafis Radeon Vega

Jakarta, PCplus. Intel dan AMD merupakan dua produsen besar yang selama ini terus bersaing. Namun, siapa sangka kalau keduanya ternyata juga bisa bekerja sama.

Intel baru-baru ini dikabarkan menggandeng AMD dalam mendesain prosesor barunya untuk notebook. Dengan menggandeng AMD, Intel akan menghadirkan sebuah prosesor dengan CPU yang dibuat oleh Intel, serta dikombinasikan oleh chip grafis Radeon Vega dari AMD.

Selama ini, Intel sebenarnya telah memiliki chip grafis terintegrasi sendiri yang disematkan pada hampir seluruh varian prosesornya. Namun, kinerja grafisnya masih berada di bawah chip grafis terintegrasi Radeon Vega yang baru-baru ini diluncurkan bersamaan dengan hadirnya APU Ryzen dari AMD.

Dengan kombinasi keduanya, maka chip ini akan menghasilkan kinerja komputasi dan grafis yang sangat baik. Prosesor yang rencananya akan masuk ke lini Core generasi kedelapan ini kemungkinan besar akan diluncurkan sebagai varian prosesor Intel Core seri H. Di segmen notebook, prosesor Intel Core seri H merupakan varian prosesor kelas atas yang biasanya digunakan pada notebook gaming.

Ingin tahu bagaimana hasil kerjasama antara Intel dan AMD ini? Kemungkinan besar prosesor pertama dengan CPU dari Intel dan GPU dari AMD ini akan mulai diproduksi pada awal tahun 2018 mendatang. Jadi kemungkinan masih butuh waktu agak lama sebelum chip ini hadir secara resmi di pasaran.

Tanggapan Kamu

komentar