Kalah Pamor dari iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus Kurang Sukses di Pasaran

Jakarta, PCplus. Beberapa waktu yang lalu, Apple secara resmi memperkenalkan tiga smartphone barunya yaitu iPhone 8, iPhone 8 Plus, serta iPhone X. iPhone 8 dan iPhone 8 Plus meluncur lebih dulu sesaat setelah diperkenalkan, sedangkan iPhone X baru menyusul beberapa pekan yang lalu.

Walaupun telah diluncurkan lebih dulu, namun ternyata sambutan publik terhadap iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tak semeriah iPhone X. Dua smartphone tersebut bahkan disebut-sebut kurang laku dan masih kalah dibandingkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang telah berusia satu tahun.

Baru-baru ini, firma riset Canalys menyatakan bahwa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus membukukan pencapaian yang kurang menggembirakan. Canalys menyebutkan, selama kuartal ketiga tahun 2017, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus hanya berhasil terjual sebanyak 11,8 juta unit di seluruh dunia.

Angka tersebut tercatat lebih kecil dibandingkan pencapaian iPhone 7 dan iPhone 7 Plus saat diluncurkan tahun 2016 lalu. Pada kuartal ketiga 2016 yang menjadi kuartal pertama penjualan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, dua smartphone tersebut terjual sebanyak 14 juta unit.

iPhone 7 pun terus berlanjut menjadi smartphone yang paling populer. Berdasarkan data dari Canalys, terdapat 13 juta unit iPhone 7 yang dikapalkan sepanjang kuartal ketiga 2017. Di posisi kedua, terdapat iPhone 6S yang telah berusia dua tahun yang dikapalkan sebanyak 7,9 juta unit.

Lalu, dimana posisi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus? Secara mengejutkan dua smartphone tersebut ternyata tidak masuk dalam urutan lima besar smartphone yang paling populer sepanjang kuartal ketiga 2017.

Popularitas iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang tak terlalu cemerlang pada kuartal ketiga 2017 ini juga dipengaruhi oleh peluncuran iPhone X. Kehadiran iPhone X yang diluncurkan belakangan membuat banyak konsumen memilih untuk menahan mengganti smartphone-nya dan menunggu kehadiran iPhone X. Belum ada data resmi mengenai jumlah iPhone X yang telah dikirimkan ke pasaran. Namun sebagai gambaran, terdapat sebanyak 50 juta orang yang melakukan pemesanan iPhone X.

Menyikapi hal tersebut Apple disebut-sebut telah melakukan beberapa upaya, di antaranya menghentikan penjualan iPhone 7 berkapasitas 256 GB, serta memberikan diskon untuk setiap penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Di sisi lain, Apple juga dikabarkan akan mulai mengurangi jumlah pesanan produksi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ke rekanannya hingga 50 persen.

Tanggapan Kamu

komentar