MARS, Earbud Canggih Yang Bisa Terjemahkan 9 Bahasa Secara Real-time

Sepertinya di masa datang pekerjaan sebagai penerjemahan makin langka. Saat ini sudah mulai hadir perangkat yang mampu menerjemahkan berbagai bahasa secara langsung menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau dikenal dengan istilah artificial intelligence.

Salah satunya adalah Mars, perangkat wireless bluetooth stereo earbud yang memiliki kemampuan untuk menerjemah secara real-time. Earbud ini dibuat melalui kerjasama antara LINE Corporation dengan NAVER Corporation, perusahaan internet terkemuka asal Korea.

Mampu menerjemahkan 9 bahasa, termasuk Indonesia, Inggris, Korea, Jepang, China, Spanyol, Perancis, Vietnam, dan Thailand, earbud ini dikembangkan menggunakan teknologi AI berbasis cloud yang juga disebut sebagai Cloud Virtual Assistant atau disingkat Clova.

Oleh karena itu, MARS juga dapat digunakan untuk menikmati musik, melakukan pengecekkan cuaca, dan mengendalikan perangkat IoT, semuanya hanya dengan perintah suara, mirip seperti konsep yang dimiliki Siri, Alexa, ataupun Google Assistant.

MARS memiliki fitur penghambat suara otomatis untuk mengurangi kebisingan dan memastikan pengenalan suara bahkan di lingkungan yang berisik. Dengan mikrofon yang diletakkan di dalam earpiece, MARS mengenali suara pengguna secara langsung melalui saluran telinga, menghalangi suara dari luar, dan memberikan kualitas panggilan telepon yang jernih.

MARS dijadwalkan akan rilis pada awal 2018. Integrasi Clova dengan MARS akan tersedia di Korea terlebih dahulu, dan selanjutnya akan menyusul di negara lainnya.

Tanggapan Kamu

komentar