Opera Percanggih Peramban untuk PC

Jakarta, PCplus. Opera baru saja meluncurkan versi terbaru peramban (browser) Opera untuk komputer. Menurut Opera, peramban terbarunya ini mengusung fitur snapshot editing, fitur pencarian pop-up yang praktis,beragam aplikasi pesan populer yang terintegrasi, serta dukungan untuk menonton konten video online menggunakan perangkat Virtual Reality (VR).

Menurut Opera, fitur snapshot kini hadir dengan editing tools dan selfie mode untuk membantu pengguna memberikan sentuhan personal terhadap screenshot yang ingin disimpan atau dibagikan. Menurut Opera, termasuk di dalam fitur ini adalah penggunaan kamera selfie untuk mengambil swafoto secara instan dan menambahkannya pada screenshot.

Opera menambahkan bahwa pengguna kini dapat membuka fitur ini secara langsung dari sidebar melalui ikon kamera. Setelah mengambil screenshoot, Opera menyatakan bahwa editing tools – termasuk pensil, arrow, blur, zoom, emoji dan kamera selfie – akan muncul di atas.

Pada bulan Mei, Opera menyatakan bahwa peramban buatannya menjadi yang pertama yang menambahkan dukungan terhadap aplikasi pesan populer dalam sebuah sidebar pada peramban. Dengan peluncuran baru ini, Opera menyatakan bahwa daftar aplikasi pesan yang didukung pada peramban Opera meliputi: Facebook Messenger, WhatsApp, Telegram dan VK.

Dengan memadukan layanan berbasis web ini, Opera menyatakan memungkinkan masyarakat untuk menggunakan komputer sama seperti menggunakan ponsel tanpa perlu memasang extension atau perangkat lunak tambahan.

Dalam peramban terbaru ini, Opera menyatakan menyediakan VR 360 video player yang tertanam langsung pada peramban. Fitur ini menurut Opera diperkenalkan dalam versi developer Opera 49. Opera menambahkan bahwa pengguna HTC Vive, Oculus Rift, dan perangkat kompatibel OpenVR lainnya sekarang dapat dengan mudah melihat konten video 360 derajat yang belakangan ini makin menjamur di Internet.

Opera menyatakan bahwa kini, sebuah menu baru Easy Setup menyediakan jalan pintas untuk fitur-fitur umum yang mudah disesuaikan pada peramban. Hal ini menurut Opera membantu pengguna untuk mengatur tampilan Opera Reborn dengan tema, designer wallpaper, bookmark, pilihan sidebar, dan masih banyak lagi.

Para pengguna juga diklaim dapat menyesuaikan fitur-fitur terkenal seperti ad-blocker, mengatur lokasi unduhan dan menghapus data pencarian. Jika pengguna beralih dari peramban lain, Opera menyatakan bahwa Easy Setup juga memudahkan pemindahan bookmark serta data dari peramban lama dan menjadikan Opera sebagai peramban baru.

Inilah fitur-fitur yang diperbarui dalam Opera terbaru:

  • Tool pencarian pop-up dapat mengubah 32 unit pengukuran, 14 zona waktu, dan 37

mata uang, termasuk lima yang terbaru yaitu hryvnia milik Ukrainia (UAH, ₴), tenge milik

Kazakhstan (KZT, ₸), lari milik Georgia (GEL, ლ, ₾), pon milik Mesir (EGP, E£) dan ruble

milik Belarusia (BYN). Pengguna dapat memilih harga dan mengubahnya menjadi unit,

mata uang atau zona waktu yang dipilih secara cepat.

  • Ikon extension yang terletak di kanan gabungan baris pencarian dan alamat, sekarang

dapat diatur ulang.

  • Mode pribadi yang lebih baik. Jendela pribadi kini lebih menyerupai tema terang Opera

dengan baris alamat yang sesuai.

  • Tampilan pencarian dipertajam menjadi lebih baik pada layar HiDPI.

Tanggapan Kamu

komentar