Zotac Luncurkan Kartu Grafis GTX 1080 Ti Terkecil di Dunia

Jakarta, PCplus. Sebuah kartu grafis kelas atas seperti Nvidia GeForce GTX 1080 Ti umumnya memiliki bentuk fisik yang besar untuk menampung sistem pendinginnya yang juga berukuran besar. Namun ada juga produsen kartu grafis yang merilis varian kartu grafis kelas atas dengan bentuk yang lebih ringkas agar dapat digunakan pada komputer yang berukuran lebih kecil.

Zotac baru-baru ini mengumumkan kehadiran sebuah kartu grafis baru yaitu GeForce GTX 1080 Ti ArcticStorm Mini. Kartu grafis ini memiliki bentuk yang sangat ringkas dengan panjang sekitar 21,2 cm sehingga bisa masuk di hampir seluruh ukuran casing komputer, termasuk juga yang berukuran Mini-ITX.

Untuk mencapai ukuran fisik yang lebih kecil, Zotac GeForce GTX 1080 Ti ArcticStorm Mini ini menggunakan sistem pendingin water block yang cukup tipis. Dengan begitu, kamu harus memiliki komputer dengan sistem pendingin cair untuk dapat menggunakan kartu grafis ini. Water block yang terpasang juga menggunakan ukuran fitting standar sehingga dapat dipasangkan dengan berbagai solusi sistem pendingin cair yang beredar di pasaran saat ini.

Berbasis Nvidia GeForce GTX 1080 Ti, kartu grafis ini beroperasi pada base clock 1.506 MHz dengan boost clock mencapai 1.620 MHz. Sedangkan memori GDDR5X 11 GB yang dimilikinya beroperasi pada kecepatan 11 GHz. Untuk menggunakan kartu grafis ini, Zotac mensyaratkan penggunaan power supply minimal sebesar 600 watt.

Zotac saat ini belum mengungkapkan harga serta jadwal peluncuran GeForce GTX 1080 Ti ArcticStorm Mini ini. Namun kemungkinan kartu grafis ini akan diluncurkan ke pasaran dalam waktu dekat ini.

Tanggapan Kamu

komentar