Categories: TrikTutorial

Nonton Youtube Tanpa Koneksi Internet, Gimana Caranya?

Hampir sebagian besar kuota internet tersedot saat melakukan streaming video di Youtube. Format video memang memiliki jumlah data yang besar dibanding data berbasis gambar atau teks. Jika ingin lebih mengirit penggunaan kuota, lebih baik simpan saja video yang ada di Youtube agar nantinya bisa dimainkan tanpa harus menggunakan koneksi internet. Begini caranya:

1. Cari video

Pastikan kamu memiliki koneksi internet menggunakan koneksi Wi-Fi. Jalankan Youtube dan tentukan video yang hendak disimpan. Setelah dapat video tersebut, perhatikan ikon Download yang terletak diantara ikon Share dan Add to.

2. Unduh video

Tekan ikon Download, namun sebelumnya perhatikan apakah ikon Download bisa diaktifkan atau tidak. Jika tidak, maka video tersebut memang sudah diatur Youtube agar tidak bisa diunduh.

3. Pilihan resolusi

Jika berhasil menekan ikon Download, kamu akan ditanya untuk memilih resolusi yang ingin diunduh. Semakin tinggi resolusi, maka semakin besar ukuran file video tersebut. Klik OK untuk melanjutkan dan tunggu hingga file selesai.

4. Periksa video

Video yang sudah selesai diunduh tadi sudah berada di folder khusus. Untuk mencobanya, kamu bisa mematikan koneksi internet. Jalankan lagi Youtube dan otomatis kamu akan diarahkan ke folder Download yang berada di kategori Library.

5. Mainkan secara offline

Di folder Download akan terlihat video-video yang sebelumnya telah diunduh. Dari sini kamu bisa memainkan video tersebut tanpa menggunakan koneksi internet. Video yang tersimpan di folder tersebut akan tetap ada selama 29 hari dalam kondisi offline.

Unduh Playlist

Tidak hanya video, kamu juga bisa mengunduh playlist yang terdiri dari kumpulan beberapa video pilihan. Dengan mengunduh playlist, kamu bisa memainkan seluruh video yang ada secara offline dan tanpa mengunduhnya secara satu persatu. Begini caranya:

1. Lihat playlist

Sebelumnya pastikan koneksi internet sedang aktif. Pada halaman muka Youtube, arahkan ke Library. Dari sini cari playlist yang ada dan tekan pada playlist yang hendak diunduh.

2. Unduh playlist

Pada playlist, tekan ikon Download yang terdapat di sisi kiri atas. Semakin banyak video yang diunduh, akan semakin banyak pula data yang tersimpan. Tekan Ok untuk melanjutkan.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Recent Posts

VivoBook Flip 14 TP470 Laptop 2-in-1 Terbaru Asus

Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, laptop jenis convertible atau biasa disebut juga sebagai laptop 2-in-1…

2 hours ago

Cara Mining Bitcoin Gratis Lewat Handphone

Tak hanya mining, di dalam aplikasi tersebut kita bisa juga membeli, menjual, menukar, hodl, belajar…

5 days ago

Manfaatkan dlvr.it untuk Jadwal Posting di Instagram

Penyedia layanan manajemen media sosial yang bernama dlvrit ini memiliki fitur untuk bikin jadwal posting…

1 week ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Pertama dengan 11th Gen Intel Core H Series di Indonesia

ASUS hari ini memperkenalkan laptop gaming pertama yang ditenagai prosesor 11th Gen Intel Core H-Series…

2 months ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Terbaik untuk Belajar, Bermain, dan Berkarya

TUF Dash F15 (FX516) merupakan laptop gaming powerfull, all-rounder, dan cocok untuk pelajar serta mahasiswa.…

2 months ago

Tren Scan Barcode (QR Code) Bagi Industri Pariwisata Indonesia

Semua teknologi pada akhirnya ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkannya. Apalagi masa pandemi begini, sentuhan…

2 months ago