Review Western Digital My Passport Ultra

Bagi mahasiswa atau pekerja kantoran, sebuah hard disk eksternal mungkin menjadi salah satu perangkat yang perlu untuk dimiliki untuk menyimpan berbagai data penting dan membawanya kemana-mana dengan mudah. Dengan kapasitasnya yang besar, hard disk eksternal saat ini tetap memegang peranan yang penting walaupun telah banyak layanan cloud yang tersedia saat ini.

Bicara soal hard disk eksternal, Western Digital memiliki sebuah hard disk eksternal yang tak hanya memiliki kapasitas besar, tapi juga desain yang ringkas dan modern, yaitu Western Digital My Passport Ultra. Kesan modern hadir pada penggunaan bahan plastik yang dilapis sedemikian rupa sehingga terlihat seperti metal. Lalu untuk membuat tampilannya semakin keren, bodinya terbagi menjadi dua bagian. Bagian atas memiliki desain polos dengan lapisan matte, sedangkan bagian bawahnya berpola diagonal.

Western Digital My Passport Ultra tersedia dalam empat pilihan kapasitas yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Hard disk eksternal ini tersedia dalam pilihan kapasitas 1 TB, 2TB, 3 TB, dan 4 TB. Unit yang PCplus terima memiliki kapasitas sebesar 1 TB. Bodinya sendiri kompak dan tipis dengan ketebalan sekitar 13,5 mm. Sedangkan untuk kapasitas lainnya, bodinya sedikit lebih tebal, yaitu 21,5 mm.

Walaupun memiliki bodi yang tipis dan ringan, kamu tidak perlu khawatir soal proteksi pada perangkat ini. Ya, di dalamnya, Western Digital My Passport Ultra ini telah dilengkapi dengan semacam bantalan khusus yang dapat mengamankan hard disk dari guncangan saat kamu bawa kemana-mana. Namun karena tidak dilengkapi dengan proteksi tambahan di bodi luarnya, kamu tetap perlu berhati-hati agar hard disk ini tidak terkena benturan keras maupun terjatuh.

Western Digital My Passport Ultra menggunakan koneksi USB 3.0 dengan kabel yang telah tersedia dalam paket penjualannya. Sebagai indikator operasional, terdapat sebuah lampu berwarna putih yang menandakan perangkat ini sedang bekerja.

Bicara kinerjanya, Western Digital My Passport Ultra ini memiliki kinerja yang terbilang baik. Melalui sejumlah pengujian yang dilakukan oleh PCplus, hard disk eksternal ini mampu mencatatkan kecepatan baca tulis yang terbilang cepat. Untuk penggunaan sehari-hari pun seperti backup maupun menjalankan file besar langsung dari perangkat ini, kinerjanya juga terbilang bagus. Untuk mendapatkan kecepatan transfer data yang maksimal, tentunya perangkat ini harus dihubungkan ke komputer yang juga memiliki port USB 3.0.

Untuk melindungi serta mengamankan data dari kerusakan atau akses pihak yang tidak bertanggung jawab, Western Digital juga telah menyediakan beberapa aplikasi tambahan yang telah tersedia di dalam hard disk eksternal ini.

Jika kamu sedang mencari sebuah hard disk eksternal untuk menunjang aktivitas kamu sehari-hari, serta untuk kebutuhan penyimpanan tambahan seperti backup, Western Digital My Passport Ultra ini bisa menjadi sebuah pilihan yang baik. Kinerjanya yang kencang didukung bodinya yang keren dan ramping membuat hard disk eksternal ini dapat menjadi sarana penampung berbagai data yang mudah diakses di mana saja.

Plus:

  • Bodi tipis dan ringan
  • Kinerja terbilang cepat
  • Ada dukungan aplikasi tambahan untuk backup

Minus:

  • Bodinya mudah kotor

Spesifikasi Western Digital My Passport Ultra

Konektor: USB 3.0
Kapasitas: 1 TB (tersedia kapasitas 2 TB, 3 TB, 4 TB)
Dimensi: 110 x 81,5 x 13,5 mm
Website: www.wdc.com
Harga (kisaran): Rp900.000

Tanggapan Kamu

komentar