Qualcomm Resmikan Kehadiran Chip Snapdragon 845

Jakarta, PCplus. Qualcomm akhirnya resmi memperkenalkan chip prosesor terbarunya untuk perangkat mobile yaitu Snapdragon 845. Chip tersebut menjadi chip flagship terbaru yang menjadi penerus Snapdragon 835 yang merupakan chip yang populer digunakan pada smartphone flagship sepanjang tahun 2017 ini.

Chip Snapdragon 845 tersebut akan menjadi chip pilihan smartphone flagship yang akan meluncur pada tahun 2018 mendatang. Chip tersebut menghadirkan beberapa fitur baru serta peningkatan kemampuan dibanding seri sebelumnya.

Dari sisi kinerja, Qualcomm Snapdragon 845 tersebut memiliki delapan inti prosesor yang terbagi menjadi dua bagian. Empat inti pertama menggunakan arsitektur baru Kryo 385 yang berkecepatan 2,8 GHz. Sedangkan empat inti kedua menggunakan arsitektur hemat daya yang berkecepatan 1,8 GHz. Konfigurasi tersebut sepertinya ditujukan untuk membagi beban kinerja prosesor. Untuk menjalankan aplikasi yang berat dan memainkan game, inti prosesor yang lebih kencang akan bekerja. Sedangkan untuk aplikasi yang lebih ringan, inti prosesor yang hemat akan mengerjakan tugas tersebut sehingga konsumsi dayanya lebih hemat.

Dari sisi kinerja grafis, Snapdragon 845 menggunakan chip grafis Adreno 630. Chip grafis tersebut diklaim memiliki kinerja 30 persen lebih kencang dibanding generasi sebelumnya.

Qualcomm Snapdragon 845 kemungkina akan menjadi chip yang populer digunakan pada berbagai smartphone flagship pada tahun 2018 mendatang. Salah satu smartphone yang kemungkinan menggunakan chip tersebut adalah Samsung Galaxy S9 rumornya akan meluncur pada awal tahun 2018.

Tanggapan Kamu

komentar