Standar HDMI 2.1 Resmi Dirilis, Hadirkan Dukungan Resolusi Hingga 10K

Jakarta, PCplus. Dukungan resolusi layar akan semakin meningkat. HDMI Forum, sebuah organisasi yang membuat standar untuk koneksi HDMI baru-baru ini meresmikan standar HDMI terbaru yang dinamai HDMI 2.1.

Dengan hadirnya standar koneksi HDMI 2.1 ini, maka produsen perangkat audio visual akan dapat memberikan dukungan resolusi maksimal ke tingkat berikutnya. HDMI 2.1 mendukung bandwidth mencapai 48 Gbps untuk mengalirkan data audio dan video.

Dengan bandwidth sebesar itu, dukungan resolusinya pun menjadi semakin besar. HDMI 2.1 akan mendukung resolusi yang sangat tinggi, yaitu mencapai 10K. Untuk resolusi yang lebih rendah seperti 4K dan 8K, HDMI 2.1 juga memungkinkan refresh rate yang lebih tinggi, yaitu 120 Hz untuk 4K dan 60 Hz untuk 8K untuk menghasilkan gerakan yang lebih halus.

Sebagai tambahan, HDMI 2.1 juga dilengkapi dengan beberapa fitur baru seperti Dynamic HDR, Variable Refresh Rate, dan Quick Media Switching. Fitur Variable Refresh Rate dapat menyesuaikan refresh rate tampilan sesuai dengan frame rate yang sedang ditampilkan untuk mengurangi efek tearing dan stutter. Sedangkan Quick Media Switching dapat mengurangi input lag.

Standar HDMI 2.1 kini telah resmi difinalisasi. Para produsen pun dapat menerapkan standar tersebut pada perangkat-perangkat yang akan mereka buat di masa yang akan datang. Untuk perangkat atau kabel yang lebih lawas pun tidak perlu khawatir karena HDMI 2.1 juga tetap kompatibel dengan standar yang lebih lawas.

Tanggapan Kamu

komentar