YouTube Go, Aplikasi YouTube yang Ringan dan Hemat Kuota

Jakarta, PCplus. Menonton video di smartphone memang merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Namun menonton video juga merupakan salah satu kegiatan yang paling menguras kuota internet, apalagi jika kamu menggunakan koneksi internet dengan kuota yang terbatas.

Google baru-baru ini meresmikan aplikasi YouTube terbarunya yang dinamai YouTube Go. Aplikasi YouTube Go dihadirkan khusus untuk memenuhi kebutuhan para pengguna smartphone yang memiliki kecepatan internet yang terbatas dengan jumlah kuota yang terbatas pula. Untuk membantu menghemat penggunaan data kamu, YouTube Go dilengkapi dengan fitur preview serta download. Jadi, kamu bisa mengunduh video yang kamu inginkan untuk disimpan secara offline di smartphone kamu dan bisa ditonton kapan saja tanpa menggunakan koneksi internet.

Fitur unduh video untuk dimainkan secara offline sebenarnya juga bisa kamu lakukan pada aplikasi YOuTube versi standar. Caranya bisa kamu lihat di artikel ini. Namun, YouTube Go juga memungkinkan kamu untuk berbagi video yang telah disimpan secara offline tersebut dengan teman-teman yang lain melalui Bluetooth.

Selain bisa menghemat penggunaan data untuk menonton video, YouTube Go juga merupakan aplikasi yang sangat ringan, lebih ringan dari YouTube versi standar. Apalagi ukuran filenya juga tak sampai 9 MB sehingga tidak akan memakan tempat terlalu banyak di memori smartphone. Dengan begitu, kamu bisa menjadikan YouTube Go sebagai aplikasi streaming video alternatif YouTube versi standar apabila kamu menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang cukup lawas dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas pula.

Program YouTube Go sebenarnya telah diperkenalkan sejak tahun lalu. Versi beta-nya juga telah tersedia sejak beberapa waktu yang lalu secara terbatas. Namun kini, YouTube Go telah bisa digunakan secara luas walaupun masih terbatas pada beberapa negara tertentu, terutama negara-negara berkembang dengan akses internet yang masih terbatas seperti India dan Indonesia.

Tanggapan Kamu

komentar