Tuesday, March 19, 2024
Laptop

Review ASUSPRO P5440U, Laptop untuk Produktivitas

Bagi pebisnis atau eksekutif sebuah perusahaan, waktu adalah hal yang paling berharga. Mereka pun dituntut harus bisa bekerja di mana saja bahkan ketika sedang dalam perjalanan bisnis seperti di pesawat atau kereta api. Untuk itulah mereka harus dibekali dengan sebuah perangkat yang bisa menunjang semua kebutuhan pekerjaannya.

Hanya mengandalkan smartphone tentu tidak akan optimal karena fungsinya yang terbatas. Laptop adalah salah satu perangkat yang paling bisa diandalkan saat ini agar bisa bekerja secara nyaman dan optimal untuk saat ini. Namun, tidak semua laptop bisa diandalkan untuk bekerja. Tentu saja Anda tidak ingin membawa laptop besar, tebal, dan berat atau laptop dengan performa minim untuk bekerja bukan?

Permasalahan tersebutlah yang ingin dijawab oleh ASUSPRO P5440U. Laptop dari ASUS yang dirancang khusus untuk keperluan profesional dan bisnis ini hadir dengan bodi yang cukup ramping dan ringan, sehingga mudah dibawa bepergian. Satu lagi yang tidak kalah penting adalah laptop ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur khusus untuk memudahkan dan memberikan produktivitas lebih kepada para penggunanya yang merupakan pebisnis atau profesional dengan kegiatan padat dan sering bekerja secara mobile.

Desain Simpel, Fleksibel, dan Tetap Kokoh
ASUSPRO P5440U menggunakan desain ultraportable yang dirancang khusus agar penggunanya bisa lebih produktif di mana saja. Selain hadir dengan desain simpel yang memperlihatkan nuansa profesional, laptop ini juga memiliki bodi yang sangat tangguh. Selain itu, ASUSPRO P5440U memiliki layar dengan bezel yang tipis sehingga keseluruhan ukuran bodinya dapat hadir lebih ringkas. Itulah salah satu alasan mengapa laptop ini sangat mudah dibawa bepergian.

Kembali ke layar, ASUSPRO P5440U menggunakan desain bodi dengan layar yang bisa dibentangkan hingga 180 derajat sehingga mempermudah penggunanya untuk bekerja di berbagai posisi. Desain layar tersebut juga bisa digunakan untuk kebutuhan bekerja secara kolaboratif dan memungkinkan banyak orang untuk melihat konten yang ditampilkan.

Layar ASUSPRO P5440U sendiri menggunakan panel LED berukuran 14 inci beresolusi Full HD (1920×1080 pixel). Layar tersebut sudah dilengkapi fitur anti-glare sehingga kontennya tetap bisa terlihat meski layar terpapar cahaya. Hal tersebut sangat penting mengingat laptop ini ditujukan untuk bekerja secara mobile di berbagai kondisi, termasuk kondisi outdoor yang terpapar cahaya.

Sebagai laptop yang dirancang khusus untuk pengguna profesional yang sering bepergian, tentunya laptop ini harus nyaman ketika digunakan. Selain memiliki desain yang ergonomis, ASUSPRO P5440U juga memiliki keyboard yang didesain khusus agar penggunanya nyaman ketika mengetik.

Keyboard di laptop ini memiliki key pitch sebesar 19,05mm dan dish key 0,15mm, membuat jari dengan mudah dapat beradaptasi pada posisi setiap tombolnya. Agar lebih nyaman, keyboard di ASUSPRO P5440U hadir dengan key travel 1,5mm. Key travel tersebut memberikan sensasi mengetik yang pas, jadi tekanan tombolnya tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam.

Keyboard ASUSPRO P5440U telah dilengkapi dengan backlight yang tingkat kecerahannya dapat diatur langsung melalui tombol di keyboard. Fitur backlight di keyboard juga sangat penting untuk laptop penunjang produktivitas seperti ASUSPRO P5440U. Bayangkan ketika Anda harus bekerja saat perjalanan malam hari di pesawat yang cahayanya sangat terbatas. Kehadiran fitur backlight pada keyboard memungkinkan Anda untuk tetap dapat melihat semua tombolnya meski dalam keadaan gelap.

Yang paling menarik dari desain bodi ASUSPRO P5440U adalah bobotnya yang tergolong cukup ringan. Dengan fitur yang sudah disebutkan sebelumnya, ASUSPRO P5440U hanya memiliki bobot 1,23 kilogram saja. Tidak hanya itu, laptop ini juga cukup tipis dengan ketebalan berada di angka 18,5 milimeter. Tidak heran jika laptop ini merupakan salah satu laptop kelas enterprise paling ringkas dan ringan yang dimiliki oleh ASUS saat ini.

Konektivitas Super Lengkap untuk Produktivitas
Salah satu syarat sebuah laptop menyandang gelar sebagai laptop bisnis atau enterprise adalah kelengkapan konektivitasnya. Berbeda dengan konsumen biasa, pengguna di kalangan bisnis dan enterprise membutuhkan beragam konektivitas khusus untuk terhubung ke berbagai perangkat kustom.

Untuk itulah, ASUSPRO P5440U dibekali dengan segudang konektivitas. Tidak hanya konektivitas standar seperti USB dan WiFi, laptop ini juga dilengkapi dengan HDMI dan USB Type-C yang sangat fleksibel. Agar bisa terhubung dengan berbagai peripheral, ASUS menghadirkan beragam aksesori tambahan seperti USB to LAN dan USB Type-C to VGA converter.

ASUS juga memiliki perangkat bernama SimPro Docking yang dapat mengubah ASUSPRO P5440U menjadi memiliki konektivitas sekelas PC desktop. Tentu saja perangkat ini dijual terpisah dan tidak termasuk dalam paket penjualan ASUSPRO P5440U. Namun dengan perangkat ini, Anda bisa menghubungkan dua monitor tambahan.

ASUSPRO P5440U juga mudah untuk di-upgrade. Pengguna laptop ini dapat mengakses slot RAM dan penyimpanan dengan mudah. Kapasitas RAM ASUSPRO P5440U adalah 16GB dengan opsi dua penyimpanan melalui slot M.2 dan slot SATA yang tersedia.

Windows 10 Pro dan Sistem Keamanan Mumpuni
Sebuah laptop kelas enterprise juga memiliki perbedaan dari sisi software dan sistem keamanannya. ASUSPRO P5440U sendiri menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro, bukan Windows 10 Home yang biasanya terdapat di laptop kelas konsumen biasa. Windows 10 Pro memiliki beragam fitur tambahan untuk pengguna profesional yang tidak ada di varian Windows 10 lainnya.

Di Windows 10 Pro, Anda akan mendapatkan beragam fitur eksklusif termasuk sistem keamanan canggih. Fitur eksklusif tersebut di antaranya adalah Domain Join, Group Policy Management, Bitlocker, Enterprise Mode Internet Explorer (EMIE), Assigned Access 8.1, Remote Desktop, Client Hyper-V, dan Direct Access. Sebagain besar merupakan fitur yang kerap digunakan di lingkungan perusahaan.

Assigned Access 8.1 misalnya. Fitur tersebut memungkinkan administrator untuk memblokir aplikasi tertentu agar tidak bisa digunakan oleh pengguna di User Account lainnya. Fitur lainnya seperti BitLocker membuat laptop ini semakin aman dengan mengenkripsi data yang ada di dalamnya. BitLocker bahkan merupakan salah satu fitur enkripsi data yang paling canggih saat ini.

Jika Anda bekerja dengan fasilitas cloud Microsoft Azure, Windows 10 Pro merupakan pilihan yang tepat. Sistem operasi ini sudah mendukung fitur seamless connectivity untuk Azure Active Directory. Bahkan Windows 10 Pro memiliki Business Store for Windows 10.

Keamanan juga nbukan hanya dari sisis software, tetapi juga hardware. ASUSPRO P5440U sudah dilengkapi dengan pembaca sidik jari alias fingerprint yang sudah terintegrasi dengan fitur Windows Hello. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mengetik password untuk login ke dalam sistem. Cukup tempelkan jari ke fingerprint-nya dan Anda akan masuk ked alam sistem secara instant.

Performa Andal Untuk Produktivitas
Berbicara soal performa, ASUSPRO P5440U memang bukan perangkat untuk menjalankan pekerjaan super berat atau bahkan bermain game. Ia merupakan laptop yang dirancang khusus sebagai penunjang produktivitas dan perangkat bekerja secara mobile. Meski demikian, ASUS menghadirkan hardware yang bisa dikatakan sangat mumpuni. Berikut ini spesifikasinya:

Dimulai dari prosesor yang diusung, ASUSPRO P5440U ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-8 dengan opsi hingga Intel Core i7-8550U. Prosesor dengan 4 core dan thread tersebut memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4GHz dan cache sebesar 8MB. Performanya cukup bagus dan untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari hasil benchmark berikut ini.

ASUSPRO P5440U didukung oleh RAM DDR4 berkapasitas hingga 8GB. Melaui kapasitas tersebut, penggunanya bisa bekerja secara multitasking tanpa hambatan. Ditambah dengan penggunaan M.2 SSD, ASUSPRO P5440U juga semakin gesit. Selain memiliki durabilitas lebih tinggi, SSD juga memiliki performa lebih kencang dari hard-disk sehingga aplikasi bisa berjalan lebih gesit.

ASUSPRO P5440U memang tidak hadir dengan chip grafis tambahan dan hanya mengandalkan chip grafis terintegrasi (integrated graphics). Meski demikian, performa grafisnya cukup mumpuni sebagai penunjang produktivitas sehari-hari. Bahkan laptop ini masih bisa dihubungkan dengan dua monitor tambahan melalui perangkat docking khusus.

Performa pengolahan grafis 3D di laptop ini juga cukup bagus dengan hasil benchmark yang cukup memuaskan untuk sebuah laptop bisnis yang sangat portabel. Untuk lebih jelasnya, berikut adlaah hasil benchmark performa grafisnya.

Sebagai laptop yang dirancang khusus untuk dibawa bepergian, ASUSPRO P5440U hadir dengan baterai andal yang bisa bertahan cukup lama. Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 8, laptop ini dapat bertahan selama kurang lebih 5,5 jam dengan kondisi WiFi aktif, mode battery life, dan tingkat kecerahan layar 50%.

Kesimpulan
ASUSPRO P5440U memang didesain khusus untuk para pebisnis, profesional, dan untuk bekerja. Laptop ini bukan untuk bermain atau bahkan hanya sekadar menikmati konten multimedia saja. Hal tersebut dapat dilihat dari spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, dimana sebagian besar memang ditujukan untuk kebutuhan bisnis.

Hadir dengan bentuk yang ringkas dan ringan, ASUSPRO P5440U dapat dijadikan sebagai perangkat andalan untuk bekerja secara mobile. Performanya juga sangat mumpuni untuk membuka berbagai aplikasi kantoran dan bekerja secara multitasking. Sementara daya tahan baterainya cukup untuk bekerja secara mobile.