Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Google Form adalah survei online atau layanan kuesioner yang disediakan oleh Google. Google Forms banyak digunakan karena cara membuat Google Forms relatif sederhana dan mudah. Selain itu, Formulir Google juga 100% gratis. Namun, tidak ada gading yang tidak retak. Selain berbagai kelebihan yang dimilikinya, ada juga beberapa kekurangan Google Form yang membuatnya dikritik oleh berbagai pihak.

Sebelum kita membahas pro dan kontra dari Google Forms, terlebih dahulu kita akan membahas fitur dan fungsi Google Form. Dengan mengetahui fitur-fitur Google Formulir, Anda juga akan memiliki pemahaman yang baik tentang kelebihan dan kekurangan Google Formulir.

Kegunaan dan Manfaat Google Formulir

Penggunaan formulir Google

Google Form, atau Google Forms dalam bahasa Indonesia, adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk membuat survei dan kuesioner. Namun, ada fungsi lain dari Google Formulir. Selain berguna untuk membuat survey dan kuis, Google Forms juga berfungsi untuk membuat kuis, mengumpulkan aplikasi, mengumpulkan data biologi, merekam acara (RSVP) dan banyak kegunaan lainnya.

Manfaat Google Formulir

Berikut beberapa keuntungan menggunakan Google Formulir:

Fungsi Google Formulir

Google Formulir menawarkan berbagai fitur keren yang membantu Anda membuat formulir. Berikut beberapa fiturnya:

  • Hemat biaya. Dengan menggunakan Google Formulir yang dibuat dan dibagikan secara online, Anda tidak perlu lagi mencetak survei kertas. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat biaya kertas dan tinta.
  • Hemat waktu dan tenaga. Google Formulir dapat dibagikan melalui email atau melalui tautan dengan orang lain. Anda tidak perlu meninggalkan komputer atau smartphone Anda untuk berbagi survei. Dengan cara ini, tidak perlu lagi satu per satu responden meminta mereka untuk mengisi survei. Ini pasti menghemat banyak waktu dan tenaga.
  • Data disimpan dengan aman. Setiap formulir yang Anda buat dan setiap tanggapan responden akan disimpan di Google Drive Anda. Karena disimpan di Google Drive, Anda tidak perlu khawatir data Anda hilang atau dihapus.

Seret dan lepas

Seret dan lepas melibatkan pemindahan objek dengan mengklik dan kemudian menyeretnya ke lokasi yang diinginkan. Saat menyeret objek (Drag), Anda harus menahan tombol kiri mouse dan melepaskannya sambil meletakkan objek (Jatuhkan).

Google Formulir memiliki fitur seret dan lepas ini. Berikut adalah contoh drag and drop di Google Forms.

Dengan seret dan lepas, Anda dapat membuat pertanyaan di Google Formulir dengan lebih mudah. Itu juga membuat Formulir Google digunakan bahkan oleh pengguna komputer biasa.

Baca juga : Perbandingan AMD dan Intel

Ringkasan otomatis

Google Form dapat secara otomatis menghasilkan rangkuman atau rangkuman dari respon responden. Ringkasan akan ditampilkan dalam bentuk grafik atau diagram tergantung pada jenis pertanyaan. Berikut contoh ringkasan Formulir Google.

Dengan ringkasan yang dibuat secara otomatis, Anda dapat melihat bagaimana responden Anda menanggapi secara keseluruhan. Ini juga dapat membantu Anda menganalisis data dengan lebih mudah. Jika Anda ingin menganalisis data lebih detail, Anda dapat mengekspor hasil dari Google Form ke Google Sheets atau Excel.

Hasil survei waktu nyata

Selain dapat menampilkan ringkasan secara otomatis, Google Forms juga dapat menampilkan hasil respon secara real time. Artinya ringkasan akan langsung terupdate begitu responden mengklik tombol Submit. Tentunya ini sangat berguna jika Anda membutuhkan data tersebut segera.

Validasi tanggapan

Validasi tanggapan adalah fitur Google Formulir yang mengharuskan responden melengkapi tanggapan sesuai dengan aturan yang Anda tetapkan. Misalnya, Anda dapat menetapkan aturan bahwa jawaban yang dimasukkan oleh responden harus berupa angka. Jika ingin lebih spesifik, Anda bisa menentukan angka mana yang paling kecil yang bisa diisi responden. Berikut adalah contoh konfigurasi respons validasi di formulir Google.

Perhatikan bahwa tidak semua pertanyaan memiliki fitur validasi jawaban ini. Hanya pertanyaan jawaban singkat, paragraf, dan kotak centang yang memiliki fitur validasi jawaban.

Logika koneksi

Logika bercabang pada dasarnya adalah fungsi dari Google Formulir yang memungkinkan responden untuk melompat ke bagian lain dari formulir berdasarkan jawaban yang mereka pilih. Misalnya, Anda mengajukan pertanyaan “Apa yang Anda lakukan?” Ada 3 pilihan respon, yaitu “Private”, “Public servant” dan “Housewife”.

Keunggulan Google Formulir

Setelah mempelajari tentang berbagai fitur Google Formulir, kita akan membahas manfaat Google Formulir. Berikut beberapa manfaat Google Formulir:

  • Gratis. Keuntungan pertama dari Google Formulir adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, gratis juga. Anda dapat menggunakan semua fitur Google Formulir tanpa biaya tambahan atau biaya berlangganan. Ini adalah salah satu keunggulan utama Google Formulir dibandingkan aplikasi / layanan pembuat formulir lainnya.
  • Mudah digunakan. Google Form memiliki tampilan yang sederhana sehingga dapat digunakan oleh pengguna biasa. Selain itu, Google Forms juga memiliki fitur drag and drop yang memungkinkan pengguna mengedit formulir dengan mudah.
  • Terintegrasi dengan Google Sheets. Sebagai produk Google, Google Formulir terintegrasi dengan beberapa layanan Google lainnya, termasuk Google Spreadsheet. Oleh karena itu, tanggapan yang dikumpulkan dari responden akan diekspor ke Google Sheets. Ini memungkinkan Anda untuk terus memproses data di Google Spreadsheet.
  • Hasil waktu nyata. Setiap kali responden mengirimkan formulir, hasil formulir Google juga langsung diupdate. Ini tentu menghemat waktu karena Anda bisa mengolah data responden secara langsung.
  • Ada ringkasannya. Seperti yang sudah dijelaskan di bagian Fitur Google Form, Google Form memberikan ringkasan hasil berupa grafik dan diagram. Ini dapat membantu Anda melihat pratinjau tanggapan responden.
  • Cara mudah untuk berbagi. Google Formulir menawarkan beberapa opsi untuk berbagi formulir. Anda dapat membagikan Formulir Google Anda melalui email, tautan, atau dengan menyematkan formulir di blog atau situs web Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencetak Formulir Google untuk dibagikan secara offline dengan responden.
  • Aksesoris. Keuntungan lain dari Google Forms adalah memiliki plugin. Plugin adalah modul tambahan yang dapat menambah fungsionalitas dan menyederhanakan pembuatan formulir. Setiap plugin memiliki fungsi yang berbeda. Contoh plugin tersebut adalah FormLimiter, yang dapat berhenti mengisi formulir Google setelah mencapai tujuan tertentu.

Baca juga : Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Formulir Google Hilang

Selain kelebihannya, Google Formulir juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan Google Formulir yang sering dikeluhkan banyak orang:

  • Desain terbatas. Meskipun ada opsi penyesuaian, Formulir Google hanya menawarkan opsi terbatas. Salah satu contohnya adalah variasi font yang sangat kecil. Anda bisa melihat bahwa hanya ada 4 pilihan font di Google Form yaitu Basic, Decorative, Formal, dan Fun.
  • Opsi ekspor terbatas. Google Form hanya menawarkan sedikit pilihan ekspor yaitu ke Google Sheets dan PDF. Sejauh ini Google Form belum menyediakan fungsi untuk mengonversi file Google Forms menjadi Word (.docx).
  • Tidak ada pemberitahuan email. Secara default, Formulir Google tidak memberikan pemberitahuan email ketika responden menyelesaikan survei mereka. Anda perlu mengaktifkannya secara manual melalui tab Respon, pilih titik dua (di atas menu Terima tanggapan) dan kemudian pilih Terima pemberitahuan email untuk tanggapan baru.
  • Tidak ada riwayat modifikasi. Google Formulir tidak memiliki riwayat edit, yang berarti Anda tidak dapat melihat perubahan yang telah dilakukan ke formulir. Hal ini cukup mengganggu apalagi jika form dikelola secara team, dimana banyak orang yang dapat mengedit form tersebut.

Sekian artikel tentang kelebihan dan kekurangan Google Form. Jika anda mempunyai pertanyaan, kritik atau saran mengenai artikel sebelumnya, anda bisa tinggalkan pesan di kolom komentar di Sudutpc.com.

Baca selengkapnya : Sudutpc.com.

Arief Ramadhan

Seorang Blogger Pekanbaru penikmat teknologi, sekarang aktif di berbagai blog seperti : Blog Aplikasi | Juragan Review | Blog Arief Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.