Categories: Berita TeknologiBlog

ASUS ZenBook S (UX393), Laptop Serba Premium

Dari semua laptop ASUS ZenBook, seri ZenBook S bisa dikatakan sebagai sebagai seri paling berkelas dibandingkan dengan ZenBook Classic dan Flip. Meski tidak mengusung teknologi dua layar seperti ZenBook Duo dan Pro Duo, ZenBook S tetap memiliki ciri khas. Tampilannya yang sangat berkelas membuat seri laptop ini tampak sangat berbeda dengan laptop ASUS lainnya.

Huruf S di ZenBook S memiliki dua arti, yaitu Slim dan Sophisticated. Itulah mengapa ZenBook S selalu hadir dengan desain yang tipis, ringkas, ringan dan mewah. Tidak terkecuali ZenBook S (UX393) terbaru. Terlihat sekilas saja laptop ini terasa sangat berbeda dengan laptop ASUS lainnya dimana kesan pertama yang terlintas adalah mewah dan elegan. Selain itu, bodinya juga terlihat sangat ringkas, tipis, rigan, dan yang paling terasa adalah harganya dipastikan lebih mahal dari rata-rata laptop ASUS lainnya.

Pertanyaannya, apakah bentuknya yang mewah juga ditemani dengan fitur serta performa kelas premium? Mari kita bahas.

Perubahan Desain yang Lebih Baik

Sejak pertama kali dikenalkan, seri ZenBook S selalu mengedepankan desain. Dalam perjalannya, seri ZenBook S bahkan selalu mendapatkan material terbaik untuk bodinya. ASUS memang tidak pernah main-main dengan desain untuk seri ZenBook S-nya. Berbagai macam material premium dihadirkan untuk membuat ZenBook S terlihat mewah dan berbeda, seperti ZenBook S (UX393) terbaru yang menggunakan desain bodi berbahan magnesium alloy yang merupakan material ringan namun juga kokoh.

Tidak hanya sekadar menghadirkan laptop berbahan premium, ASUS juga berhasil memanfaatkan bahan tersebut dan membentuk bodi ZenBook S (UX393) secara keseluruhan hingga terlihat sangat mewah. Jika diperhatikan lebih dekat, ZenBook S (UX393) memiliki banyak detail kecil yang membuat laptop ini semakin menarik untuk dibahas.

Bagian sudut-sudutnya misalnya, dimana ASUS sengaja memangkas sedikit beberapa bagian menyudut dan membentuk potongannya mirip dengan potongan berlian. Inilah yang disebut dengan diamond-cut design yang banyak sekali diapresiasi karena terlihat mewah dan premium.Untuk menambah kesan premium, ASUS menambahkan desain ekstra berupa garis berwarna tembaga atau disebut dengan Red Copper mengelilingi bodi ZenBook S (UX393). Berkat desain ekstra tersebut, ZenBook S (UX393) terlihat sangat berbeda dan lebih mudah dikenali dari jauh. Hal tersebut sangat penting untuk menegaskan bahwa ZenBook S (UX393) adalah produk premium.

Mungkin beberapa dari Anda tidak terlalu peduli dengan desain tersebut. Meski demikian, bukan berarti ZenBook S (UX393) tidak layak untuk diperhatikan. Huruf “S” yang terdapat di nama ZenBook S (UX393) memiliki arti “slim” dan “sophisticated” atau tipis dan mewah. Jika barusan kita telah membahas bagaimana ZenBook S (UX393) dapat tampil lebih mewah, kali ini mari kita bahas bagian “slim”-nya.

Melanjutkan tradisi para pendahulunya, ZenBook S (UX393) hadir dengan bodi yang sangat tipis dan ringkas. Ketebalan bodinya hanya 15,7mm dan bobotnya hanya 1,35kg yang artinya laptop ini dapat masuk ke dalam tas dengan mudah dan menjadi teman Anda untuk bekerja secara mobile atau bahkan bepergian.

Satu hal yang mungkin akan Anda kritisi adalah ketebalan laptop ini. ZenBook S (UX393) memiliki bodi yang lebih tebal dari pendahulunya yaitu ZenBook S (UX392). Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Ternyata ASUS kali ini lebih mementingkan pengalaman pengguna ketimbang memaksakan ZenBook S (UX393) tampil dengan bodi yang sangat tipis namun pada ujungnya justru menyusahkan penggunanya.

Pengalaman penggunaan yang dimaksud adalah menghadirkan port yang lengkap. Selain dua port USB Type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4, ZenBook S (UX393) juga dilengkapi dengan USB Type-A 3.2 dan HDMI. Kedua port tersebut memang jarang sekali hadir di sebuah ultrabook karena sebagian besar produsen ultrabook lebih suka berlomba untuk mendapatkan titel laptop paling tipis di produknya, namun memaksa penggunanya untuk membeli dan menggunakan dongle yang jelas merepotkan.

Dirancang Lebih untuk Produktivitas

Tampaknya Anda juga setuju bahwa sebuah laptop merupakan perangkat komputasi dengan tujuan membuat penggunanya lebih produktif. ZenBook S (UX393) adalah salah satu laptop yang dirancang dengan mindset membantu penggunanya untuk lebih produktif dan ASUS telah menunjukkannya pada desain dan fitur di laptop ini.

Port yang lengkap merupakan salah satu tanda bahwa ASUS kali ini lebih fokus dalam bagaimana agar penggunanya dapat lebih produktif dengan ZenBook S (UX393). Selain itu, ASUS juga menghadirkan fitur edge-to-edge keyboard sehingga pengguna ZenBook S (UX393) dapat lebih nyaman dan mudah ketika mengetik berkat area keyboard yang lebih luas serta tombol yang lebih besar.

Menemani keyboard-nya adalah sebuah touchpad dengan ukuran lebih untuk kontrol yang lebih baik. Selain itu, ZenBook S (UX393) juga hadir dengan touchpad yang telah dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0. Fitur tersebut memungkinkan pengguna ZenBook S (UX393) mengubah fungsi touchpad menjadi numpad melalui satu sentuhan saja. Bagi mereka yang sering menggunakan numpad untuk bekerja, ZenBook S (UX393) adalah laptop ringkas yang tepat untuk digunakan.

Kembali ke produktivitas, kita semua tahu bahwa memperluas area kerja adalah salah satu cara agar lebih produktif. ASUS telah membuktikannya melalui seri ZenBook Duo dan Pro Duo, yaitu seri laptop yang menggunakan fitur layar ganda. Lantas bagaimana dengan ZenBook S (UX393) yang hanya mengusung satu layar?

Untuk membantu penggunanya agar dapat lebih produktif, ZenBook S (UX393) kini tampil dengan rasio layar 3:2. Berkat rasio layar tersebut ZenBook S (UX393) memiliki ruang kerja yang lebih luas dibandingkan dengan laptop pada umumnya yang mengusung layar 16:9. Tentu saja ruang kerja ekstra tersebut juga berfungsi untuk menghadirkan pengalaman visual yang lebih baik dimana lebih banyak konten yang bisa disajikan melalui layar dengan rasio 3:2.

Kualitas Visual Terbaik

Meski target penggunanya bukan merupakan content creator “kelas berat” seperti animator atau video editor, namun ZenBook S (UX393) tetap powerful untuk kebutuhan content creation standar. Selain tetap cukup hebat untuk menemani Anda melakukan video editing ringan, ZenBook S (UX393) masih bisa menjalankan aplikasi photo editing seperti Adobe Photoshop dan Lightroom secara bersamaan dan membuat laptop ini sangat cocok bagi para fotografer profesional.

Tidak hanya soal performanya yang gesit, ZenBook S (UX393) juga dibekali dengan layar yang tepat untuk para content creator, khususnya fotografer. Dibekali panel beresolusi tinggi, yaitu 3,3K atau 3300 x 2200 pixel, ZenBook S (UX393) mampu menampilkan konten beresolusi tinggi dengan sangat detail. Tidak hanya itu, layarnya juga mampu memiliki tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi, tepatnya 100% pada color space DCIP-3 dan 133% pada color space sRGB. Bagaimana dengan akurasi warnanya? Layar ZenBook S (UX393) sudah dikalibrasi dari pabrik dan mengantongi sertifikasi PANTONE.

Untuk menambah pengalaman penggunanya, layar ZenBook S (UX393) dilengkapi dengan fitur touchscreen yang kompatibel dengan stylus yang memiliki spesifikasi hingga 4096 pressure level. Spesifikasi tersebut jelas semakin menegaskan bahwa laptop ini memang cocok untuk para content creator seperti fotografer yang membutuhkan laptop ringkas dan powerful dengan layar terbaik di kelasnya.

Konektivitas Lengkap

Kita telah sedikit membahas bagaimana ZenBook S (UX393) hadir dengan port yang lengkap. Tidak hanya dua port Thunderbolt 4 USB Type-C, ZenBook S (UX393) juga masih dibekali dengan port HDMI dan USB Type-A. Sebagai tambahan, satu pembaca kartu MicroSD juga dihadirkan sehingga para content creator yang sering menggunakan MicroSD di kesehariannya.

Bagaimana dengan koneksi nirkabelnya? Sebagai laptop modern yang berkelas ZenBook S (UX393) tentu saja dilengkapi dengan teknologi konektivitas terkini, salah satunya adalah WiFi 6. Teknologi WiFi terbaru tersebut tidak sendirian. Ia ditemani dengan fitur WiFi Smart Connect yang membuat pengalaman menggunakan ZenBook S (UX393) semakin mudah dan nyaman.

Fitur WiFi Smart Connect memungkinkan ZenBook S (UX393) untuk dapat mendeteksi sinyal WiFi paling optimal yang bisa ditangkap oleh laptop ini. Dari sana, fitur WiFi Smart Connect dapat menghubungkan ZenBook S (UX393) secara otomatis ke sumber sinyal (router) yang paling optimal sehingga Anda akan selalu mendapatkan konektivitas terbaik meski sering berpindah tempat.

Nyaman untuk WFH

Di masa pandemi saat ini, semakin banyak orang yang bergantung pada laptop agar dapat tetap bekerja dari rumah. ZenBook S (UX393) memiliki beberapa keunggulan sebagai sebuah laptop penunjang kegiatan work from home (WFH). Selain dibekali dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dan memiliki mobilitas tinggi berkat desain bodinya yang sangat ringkas, ZenBook S (UX393) ternyata juga ditemani oleh dua fitur baru penunjang WFH.

Pertama adalah fitur yang memungkinkan kamera pada ZenBook S (UX393) dapat menampilkan gambar lebih baik dan lancar dibandingkan sebelumnya. ASUS menghadirkan teknologi bernama IR camera-tuning yang membuat kamera infra merah pada ZenBook S (UX393) dapat menampilkan gambar yang lebih baik.

Kamera infra merah di ZenBook S (UX393) juga berguna sebagai fitur keamanan. Didukung oleh fitur Windows Hello, kamera infra merah di ZenBook S (UX393) memiliki kemampuan untuk memindai wajah penggunanya secara presisi, bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Sistem pemindaian wajah tersebut membuat ZenBook S (UX393) lebih aman karena Anda tidak perlu lagi mengetikkan password yang bisa saja dilihat oleh orang lain.

Kedua, ZenBook S (UX393) dilengkapi dengan array microphone yang didukung oleh teknologi AI Noise Cancelling. Fitur ini bisa dikatakan sangat penting jika Anda sering melakukan call conference atau bahkan video conference.

AI Noise Cancelling di ZenBook S (UX393) mampu meredam suara bising di latar belakang dan memperjelas suara Anda yang sedang berada di depan laptop. Bagi Anda yang seringkali bekerja di lingkungan yang berisik, fitur ini memang menjadi sangat penting. Kini Anda tidak perlu lagi khawatir sesi conference call terganggu oleh suara berisik di sekitar Anda ketika bekerja.

Performa Premium

ASUS ZenBook S (UX393) merupakan salah satu varian ZenBook terbaru yang ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core. Tentu saja dengan prosesor baru, ZenBook S (UX393) dipastikan dapat tampil dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Tidak hanya dari sisi performa CPU, ZenBook S (UX393) juga memiliki performa grafis yang lebih baik berkat chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe Graphics terbaru.

Terlihat dari hasil benchmark, ZenBook S (UX393) tampak gesit dan powerful untuk sebuah ultrabook yang sangat ringkas. Tidak hanya itu hasil benchmark grafis juga menunjukkan bahwa laptop ini seharusnya masih bisa digunakan untuk menjalankan berbagai game kasual dan game esports.

Biasanya sebuah laptop ultra ringkas yang dibekali performa kencang dan layar beresolusi tinggi rentan dengan dua hal, yaitu daya tahan baterai yang tidak panjang dan performa pendinginan yang kurang baik. Namun keduanya tampak tidak hadir di ZenBook S (UX393).

Berdasarkan pengujian daya tahan baterai menggunakan PCMark 10 Battery Benchmark, ZenBook S (UX393) dapat bertahan hingga 13 jam 41 menit pada mode modern office. Artinya secara kasar laptop ini dapat menemani Anda bekerja hingga lebih dari 13 jam.

ZenBook S (UX393) dilengkapi dengan sistem pendingin khusus serta fitur ErgoLift Design yang mampu menghadirkan ruang udara ekstra agar aliran udara tetap optimal saat digunakan.

ZenBook S (UX393) juga terbukti memiliki sistem pendingin yang baik. Hal tersebut terlihat dari hasil stress test menggunakan 3DMark pada mode Night Raid, dimana ZenBook S (UX393) lolos pengujian tersebut dengan skor 97,1% dengan rata-rata suhu CPU berada di angka 56 derajat Celcius.

Bukti lainnya yang menunjukkan bahwa sistem pendingin ZenBook S (UX393) tergolong sangat baik adalah berdasarkan grafis di bawah. Dapat dilihat bahwa sistem pendingin ZenBook S (UX393) dapat menahan suhu komponen tetap di zona aman yaitu di bawah 85 derajat Celcius.

Berubah Menjadi Lebih Baik

Apa yang dihadirkan oleh ZenBook S (UX393) secara keseluruhan adalah sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. ASUS kini tidak hanya sekadar mengejar “prestige”, tetapi juga menunjukkan kepeduliannya terhadap pengalaman pengguna secara menyeluruh.

Main Spec.ASUS ZenBook S (UX393)
CPUIntel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory16GB LPDDR4X
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display13.9″ (3:2) IPS 3.3K (3300 x 2200), 500 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
GraphicsIntel® Iris® X Graphics
Input/Output1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery, Micro SD card reader
CameraHD camera with IR function to support Windows Hello
ConnectivityIntel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioAudio by ICEpower®, Built-in speaker Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension30.60 x 22.40 x 1.57 ~ 1.57 cm
Weight1.35 kg
ColorsJade Black
PriceRp24.999.000
Warranty2 tahun garansi global
Tenka

Recent Posts

Manfaatkan dlvr.it untuk Menjadwalkan Posting di Instagram

Penyedia layanan manajemen media sosial yang bernama dlvrit ini memiliki fitur penjadwalan atau schedule Instagram.…

50 mins ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Pertama dengan 11th Gen Intel Core H Series di Indonesia

ASUS hari ini memperkenalkan laptop gaming pertama yang ditenagai prosesor 11th Gen Intel Core H-Series…

1 month ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Terbaik untuk Belajar, Bermain, dan Berkarya

TUF Dash F15 (FX516) merupakan laptop gaming powerfull, all-rounder, dan cocok untuk pelajar serta mahasiswa.…

1 month ago

Tren Scan Barcode (QR Code) Bagi Industri Pariwisata Indonesia

Semua teknologi pada akhirnya ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkannya. Apalagi masa pandemi begini, sentuhan…

1 month ago

Tiktok Hadirkan Fitur Penjadwalan Video, Seperti Ini Caranya

Sudah tahu fitur penjadwalan video TikTok? Kami mengetahuinya beberapa Minggu lalu, tepatnya bulan Februari akhir.…

2 months ago

Apakah Itu ASUS Intelligence Performance Technology (AIPT) ?

Ada hal menarik yang membuat akhirnya kami membawanya dalam satu halaman saat ASUS memperkenalkan laptop…

2 months ago