Rekomendasi laptop terbaik

Kerugian Membeli Laptop Non Resmi atau Black Market

Tahukah sobat bahwa laptop black market harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan laptop yang sudah resmi beredar di pasaran Indonesia? Tak mengherankan, penawaran laptop murah seringkali diambil oleh orang-orang yang memiliki budget terbatas. Kenapa bisa murah?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laptop Terbaik Tahun Ini

Laptop black market harganya bisa sangat murah karena importir laptopnya merupakan perusahaan nakal. Dan laptop yang mereka masukkan ke pasaran Indonesia tidak dikenai pajak yang semestinya dikenakan untuk laptop-laptop tersebut.

Apakah sobat pernah mendengar IMEI? IMEI ini merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang diterbitkan pada 2019 lalu. Nomor yang terdiri dari 15 digit angka ini diperlukan untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang terhubung ke jaringan.

Jika selama ini kita mengira bahwa IMEI ini hanya ada di handphone. Ternyata nomor ini juga berlaku untuk laptop dan juga tablet. Namun untuk laptop, biasanya nomor tersebut disebut serial number.

Jadi jika sobat membeli laptop dari black market atau unit selundupan, maka bisa dipastikan perangkat yang dibeli tersebut tidak disertai IMEI resmi yang ditujukan untuk beredar di negara yang bersangkutan.

IMEI atau serial number (SN) ini berkaitan dengan pemblokiran akses jaringan pada perangkat dan berkaitan dengan Internet of Things atau IoT. Atau bisa juga akses terhadap layanan purna jual resmi dari produsen perangkat yang bersangkutan.

Selain tidak adanya IMEI yang memungkinkan perangkat kamu tidak dapat terhubung ke internet dan juga merugikan negara. Ternyata beberapa hal berikut ini juga merupakan kekurangan atau kerugian ketika sobat Tekno mau membeli perangkat laptop dari black market. Apa saja?

Baca selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *