Tuesday, May 28, 2024
Berita Teknologi

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Robotika

Jurusan Robotika adalah satu cabang teknologi terapan yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer.

Apa Saja yang Dipelajari Jurusan Robotika

Jurusan robotika merupakan jurusan yang mempelajari ilmu-ilmu terkait dengan pengembangan dan pengoperasian robot. Beberapa materi yang dipelajari dalam jurusan robotika antara lain:

  1. Matematika: Matematika adalah dasar dari semua ilmu pengetahuan teknik, termasuk robotika. Dalam matematika, siswa akan belajar tentang aljabar, geometri, kalkulus, dan statistik.
  2. Fisika: Fisika adalah dasar dari ilmu robotika karena robot membutuhkan pengetahuan tentang dinamika, kinematika, dan mekanika. Dalam fisika, siswa akan belajar tentang hukum-hukum gerak dan materi.
  3. Elektronika: Siswa yang belajar robotika juga akan mempelajari tentang elektronika. Mereka akan belajar tentang rangkaian listrik, sirkuit digital, sensor, dan sistem kontrol.
  4. Teknik mesin: Robot juga membutuhkan pengetahuan tentang teknik mesin, seperti sistem transmisi, sistem penggerak, dan sistem mekanik lainnya. Dalam teknik mesin, siswa akan belajar tentang material, mekanisme, dan desain produk.
  5. Robotik dan kontrol: Siswa akan mempelajari tentang pengembangan dan programing robot, sistem sensor, automasi, sistem penglihatan, sistem navigasi, dan sistem kontrol. Mereka juga akan mempelajari tentang bahasa programing seperti Python dan C++.
  6. Kecerdasan buatan (AI): Siswa akan mempelajari tentang pengembangan dan aplikasi teknologi AI pada robot, seperti deep learning, pengenalan suara, dan pengenalan gambar.
  7. Sistem otomatisasi dan manufaktur: Siswa akan mempelajari tentang sistem otomatisasi dan manufaktur untuk membuat proses produksi lebih efisien.
  8. Etika dan hukum robotika: Siswa juga akan mempelajari tentang masalah etika dan hukum yang terkait dengan penggunaan robot, seperti masalah privasi, keamanan, dan kebijakan publik.

Jurusan robotika ini terbilang langka di Indonesia, hanya dimiliki beberapa kampus besar, namun jangan kuatir kalian juga bisa mempelajari robotik dan kontrol secara mandiri di Indobot Academy.Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat, dunia robotik dan automasi semakin diperlukan di berbagai bidang seperti industri, kesehatan, dan transportasi.

Priyo Harjiyono

Blogger Jogja yang suka melanglang buana di dunia maya. Temukan cerita menariknya di anotherorion.com

Komentar kamu