ASUS Vivobook 14X M1403 vs HP 14s AMD Ryzen 5 5625U, Mana yang Cocok untuk Pekerja Remote?

ASUS Vivobook 14X M1403

Para pekerja remote pasti membutuhkan perangkat laptop dengan spesifikasi terbaik. Ada banyak pilihan tipe laptop yang bisa digunakan oleh pekerja remote. Kali ini kita akan coba membandingkan dua tipe laptop yang bisa jadi pilihan yaitu ASUS Vivobook 14X M1403 dengan HP 14s AMD Ryzen 5 5625U. Kira-kira mana ya yang paling cocok untuk pekerja remote?

Spesifikasi dan Keunggulan Vivobook 14X M1403

Mari lihat dulu seperti apa spesifikasi dari ASUS Vivobook 14X M1403 dan apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh tipe laptop ini. Vivobook 14X memiliki performa yang tangguh dengan prosesor AMD Ryzen 5 5600H. Laptop ini juga memiliki thermal design power (TDP) 45W yang umumnya dipakai untuk spesifikasi laptop gaming. 

GPU yang digunakan oleh tipe laptop ini adalah AMD Radeon Vega 7 Graphics yang bisa meningkatkan performa kerja. Memorinya menggunakan RAM 8GB DDR4 yang kapasitasnya bisa ditambah sesuai kebutuhan sampai 24GB sehingga efektif untuk mengerjakan berbagai pekerjaan berat. 

Laptop ini juga terbilang ringan dengan total bobot 1,6kg dan ketebalan 19,9mm. Dari segi fisik, Vivobook 14X M1403 ini cukup mudah untuk dibawa-bawa jadi sangat cocok bagi pekerja remote. Ditambah lagi kapasitas baterainya sudah cukup besar yakni 63Whr sehingga sangat memungkinkan untuk bekerja cukup lama. 

Panel layar yang digunakan adalah VIPs dengan LED backlit dan lebar layar sebesar 14 inci. Layar ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan terlihat cukup lapang. Rasio layarnya mencapai 16:10 dengan resolusi 1920x1200px. Pekerja remote bisa menggunakan laptop secara nyaman untuk waktu yang lama saat menyelesaikan tugas mereka. 

Dari segi performa, laptop ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Prosesornya mendukung pemakaian laptop secara lancar dan efektif. Selain itu dari segi desain juga sangat pas bagi pekerja remote karena ringan dibawa dan mudah dimasukkan ke tas. Baterainya juga awet dan yang paling penting adalah mudah untuk di-upgrade sehingga bisa dipakai jangka panjang. 

Baca Juga: ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 – Laptop Kaum Mendang-mending – PCplus Live

Spesifikasi dan Kelebihan HP 14s 

Mari bandingkan dengan unit laptop dari HP yang menggunakan prosesor sejenis. Jika Vivobook tadi memakai AMD Ryzen 5 5600H maka HP membekali laptop ini dengan prosesor AMD Ryzen 5 5625U. Dari segi prosesor, keduanya memiliki performa yang sama tangguh jadi HP 14s ini masih punya level yang setara dengan Vivobook tadi. 

HP menggunakan tipe layar IPS dengan rasio 16:9 dan resolusi 1920x1080px. Dari segi fisik, laptop ini sangat ringan karena hanya memiliki berat 1,47kg. Sementara itu ketebalan laptop mencapai 17,9mm jadi sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Jika melihat desainnya yang ringan dan cukup tipis ini, HP 14s ini memang terlihat sangat cocok bagi pekerja remote. 

Laptop ini memiliki memori 16GB DDR4 yang masih bisa ditingkatkan lagi oleh pengguna. GPU yang dipakai adalah AMD Radeon Graphics yang bisa mendukung performa laptop jadi lebih optimal. Kemudian untuk baterainya, laptop ini memakai baterai dengan kapasitas 50Whr. 

Bagi pekerja remote, jenis laptop ini memiliki banyak kemudahan karena fiturnya lengkap. Ditambah lagi laptop ini sudah upgradable sehingga pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Awet dipakai untuk jangka waktu yang cukup lama karena memungkinkan untuk di-upgrade seiring berjalannya waktu. 

Mana yang Cocok bagi Pekerja Remote?

Anda sudah mengetahui spesifikasi dari ASUS Vivobook 14X M1403 dan HP 14s AMD Ryzen 5 5625U. Lalu, mana yang kira-kira paling cocok untuk digunakan oleh pekerja remote? Mari buat pertimbangan dan pilih mana yang paling pas!

Pada dasarnya, dua laptop ini memiliki performa yang sama-sama bagus. Prosesor yang dipakai keduanya memiliki kualitas tinggi dan mendukung pemakaian berat. Jika dilihat dari segi desain, HP 14s lebih tipis dan lebih ringan meskipun memang ASUS Vivobook 14X M1403 juga terbilang ringan. 

Mari lihat seperti apa kualitas layar dan kenyamanan pemakaiannya. ASUS Vivobook 14X M1403 jauh lebih nyaman untuk dipakai. Layarnya lebih luas dan rasionya juga lebih lapang. Pekerja remote bisa merasa lebih nyaman saat bekerja karena kualitas layar yang bagus dan cukup luas. 

Dari segi baterai juga ASUS Vivobook ini punya kapasitas yang lebih besar. Pekerja remote pasti akan merasa lebih leluasa menggunakan laptop ini cukup lama tanpa harus dihubungkan ke sumber listrik. Jadi keduanya sama-sama memiliki sisi kurang dan lebih. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian supaya bisa mengetahui mana yang paling pas untuk dipakai. 

Pekerja remote umumnya membutuhkan tipe laptop yang nyaman dipakai dan tidak lemot. Prosesor yang tangguh akan menjadi pertimbangan utama. Namun kapasitas baterai dan kualitas layar juga pasti harus diperhatikan. Terlebih lagi bobot laptop juga akan berpengaruh pada pilihan mereka karena bagaimanapun juga laptop tersebut harus mudah dibawa-bawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version