Merger, Kecepatan Download Tri dan Indosat Naik

Indosat Ooredoo Hutchison

Jakarta, PCplus – Pengguna operator seluler Tri dan Indosat mestinya bahagia nih. Sebab, semenjak 2 operator ini bergabung, penggunanya ternyata merasakan peningkatan kecepatan download Tri yang signifikan. Hal ini diungkap oleh OpenSignal, sebuah perusahaan analitik global yang fokus pada dunia koneksi data dan seluler.

Baca Juga: Gelar IWIC ke 10, Indosat Ooredo Ajak Developer Lokal Mendunia

Dalam analisisnya, Opensignal mengungkap bahwa pengguna Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) di 3 (Tri) dan Indosat merasakan dampak positif pada jaringannya. Terutama pada kecepatan download dan jumlah waktu saat terhubung ke jaringan 4G/5G (Time on 4G/5G). Satu yang unik, peningkatan ini lebih dirasakan bagi pengguna Tri dibandingkan dengan Indosat.

Berikut beberapa poin temuan utama yang terdapat dalam laporan OpenSignal ini:

Kategori kecepatan yang lebih tinggi untuk Tri daripada Indosat

Temuan Opensignal menunjukkan bahwa pengguna smartphone di kedua merek IOH melihat kecepatan pengunduhan yang meningkat sejak merger. Namun, temuan Opensignal menunjukkan terdapat pertumbuhan substansial dalam jumlah pengguna Tri yang mengakses tingkat kecepatan pengunduhan tinggi dibandingkan dengan Indosat. Proporsi pengguna Tri yang mengalami kecepatan di atas 25 Mbps meningkat tiga kali lipat, dari 5,1% menjadi 15,3%, dibandingkan dengan peningkatan 1,6 poin persentase pada Indosat.

Temuan Opensignal menunjukkan hal yang sama di semua provinsi di Jawa

Terjadi peningkatan sejak merger pada jumlah pengguna yang mengalami kecepatan yang lebih tinggi di hampir semua provinsi. Peningkatan yang lebih besar terlihat pada pengguna Tri dibandingkan Indosat. Jawa Timur menunjukkan pertumbuhan terbesar pada pengguna yang mengalami kecepatan di atas 25 Mbps (16,7 poin persentase). Namun di Yogyakarta dan Jawa Tengah, terjadi penurunan proporsi pengguna Indosat dengan kecepatan unduh rata-rata di atas 25 Mbps — masing-masing sebesar 2,1 hingga 3,1 poin persentase.

Pengguna Tri lebih sering terhubung ke 4G atau koneksi yang lebih baik (Time on 4G/5G)

Kedua merek telah mengalami peningkatan yang signifikan sejak merger, di mana para pengguna melaporkan persentase yang lebih tinggi untuk waktu terhubung dengan 4G aktif atau sinyal yang lebih baik. Terdapat peningkatan proporsi pengguna yang melaporkan Time on 4G/5G di atas 90%.

Ketersediaan 4G/5G oleh Tri dan Indosat di Pulau Jawa meningkat, tepatnya di enam provinsi, kecuali Banten

Opensignal melihat pertumbuhan paling signifikan pad Tri. Pengguna Tri dengan waktu aktif 4G/5G di atas 90% di Jawa Timur meningkat signifikan sebesar 16,3 poin persentase — dari 73,3% di Kuartal 1 tahun 2022 menjadi 89,6% di Kuartal 1 tahun 2023. Sementara itu untuk Indosat, Yogyakarta mengalami pertumbuhan terbesar dalam hal proporsi pengguna dengan nilai Time on 4G/5G di atas 90% dengan peningkatan sebesar 11,4 poin persentase.

Merger antara Tri dan Indosat telah membawa peningkatan yang signifikan pada kecepatan download dan Time on 4G/5G

Meskipun pengguna IOH mengalami perubahan yang positif, terbukti bahwa pengguna Tri telah mendapatkan manfaat yang paling signifikan. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa penggabungan IOH telah memberikan dampak positif terhadap pengalaman jaringan seluler pengguna, yang akan terus berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan kinerja komersialnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version