Monitoring Rekaman CCTV

Faktor yang Mempengaruhi Lama Rekaman CCTV

Jakarta, PCplus – CCTV telah dikenal sebagai alat keamanan efektif yang mampu melakukan proses rekaman kejadian selama 24 jam nonstop. Namun, CCTV memiliki kapasitas maksimum perekaman yang tersimpan dalam perangkat penyimpanan atau memori CCTV. Pengguna CCTV harus mengetahui kapasitas perekaman yang dimiliki paket CCTV terbaik yang dipasang pada gedung atau propertinya agar perangkat bisa digunakan secara optimal sesuai fungsinya.

Baca Juga: Hikvision Luncurkan Jajaran Kamera CCTV Berfitur PoE 300 Meter

Perangkat paling utama dalam paket CCTV terbaik adalah DVR/NVR (Digital/Network Video Recorder). Fungsi DVR sebagai perangkat pengolah rekaman dari kamera CCTV ke dalam bentuk dokumen digital untuk ditampilkan pada layar monitor atau smartphone Anda. DVR terkoneksi dengan perangkat penyimpanan atau memori CCTV sebagai ruang penyimpanan data rekaman atau video yang dihasilkan. Sebagaimana kamera CCTV yang bekerja selama 24 jam nonstop, maka DVR juga melakukan hal yang sama dalam mengolah hasil rekaman dan menyimpannya ke memori CCTV.

Perhatikan Faktor yang Mempengaruhi Lama Rekaman CCTV
Rekaman CCTV dari kamera HIKvision
Rekaman CCTV dari kamera HIKvision

Melakukan proses perekaman tanpa henti tentu menghasilkan data rekaman yang banyak dan memenuhi kapasitas yang tersemat dalam berbagai jenis-jenis kamera CCTV. Kapasitas perekaman yang telah mencapai batas maksimum perekaman akan menghapus otomatis data hasil rekaman yang ada di dalamnya. Padahal hasil rekaman merupakan barang bukti yang sangat penting keberadaannya. 

Jika hasil rekaman otomatis terhapus, maka Anda tidak lagi bisa mengakses data hasil rekaman yang paling lama ketika sewaktu-waktu dibutuhkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda wajib menyimpan hasil rekaman pada perangkat lainnya. Berikut ini faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan untuk mempengaruhi lama penyimpanan rekaman CCTV.

Ruang Penyimpanan Penuh

Setiap jenis-jenis kamera CCTV memiliki ruang penyimpanan atau memori yang berbeda-beda. Saat membeli, Anda harus mengetahui berapa besar kapasitas memori yang disediakan. Ketika ruang penyimpanan sudah penuh, maka sistem akan menghapus secara otomatis hasil rekaman yang paling lama. 

Dengan begitu, memori CCTV bisa menerima hasil rekaman yang baru. Pada unit kamera CCTV yang menyediakan kapasitas memori besar, hasil rekaman video bisa tersimpan rapi dalam jangka waktu lebih panjang.

Di pasaran, tersedia paket CCTV terbaik dengan pilihan kapasitas penyimpanan 64 GB hingga 4 TB dengan menggunakan hardisk atau microSD. Kapasitas penyimpanan tersebut tidak hanya untuk menentukan berapa lama hasil rekaman tersimpan dalam perangkat CCTV, tapi juga dipengaruhi oleh kualitas dan resolusi gambar hasil rekaman video yang tersimpan dalam perangkat. 

Semakin tinggi resolusi video yang tersimpan, maka semakin besar pula kebutuhan ruang penyimpanan yang akan digunakan. Ruang penyimpanan berupa hardisk atau microSD yang kecil tidak akan mampu menampung hasil rekaman dalam 24 jam penuh, sehingga hasil rekaman paling awal otomatis dihapus oleh sistem, jika Anda tidak segera melakukan pemindahan data.

Secara umum, jangka waktu penyimpanan juga tergantung pada jenis-jenis kamera CCTV yang Anda gunakan. Pasalnya, beberapa jenis CCTV hanya menyimpan hasil rekaman dalam DVR saja, sehingga proses penghapusan hasil rekaman otomatis dilakukan lebih cepat. Sedangkan ruang penyimpanan hardisk atau microSD akan menghapus hasil rekaman dalam jangka waktu lebih lama. Misalnya unit CCTV Anda memiliki kapasitas 512 GB yang mampu menyimpan hasil rekaman selama 7 hari untuk 4 kamera CCTV atau 4 channel sekaligus, maka ruang penyimpanan menampung hasil rekaman sebesar 128 GB selama 7 hari nonstop untuk setiap channel. Atau daya tampungnya sebesar 18,2 GB dalam 1 hari penuh (24 jam). Perhitungan tersebut bisa berubah menyesuaikan kualitas resolusi dan FPS (frame per second) yang tinggi pada setiap video yang dihasilkan.

Memori Penyimpanan Rusak

Faktor lain yang mempengaruhi hasil rekaman terhapus secara otomatis adalah ruang penyimpanan di beberapa jenis-jenis kamera CCTV mudah rusak. Kerusakan bisa terjadi pada SSD, microSD atau bahkan pada hardisknya. Umumnya, kerusakan terjadi akibat dua hal, yaitu kerusakan fisik atau kerusakan sistem. Kerusakan fisik terjadi karena ruang penyimpanan mengalami panas berlebih yang menyebabkan hasil rekaman rusak atau gosong. Bisa juga terjadi karena bengkok, lecet,atau terkena air hingga basah. 

Sedangkan kerusakan sistem umumnya terjadi karena virus/bug. Selain itu, kerusakan memori bisa diantisipasi dengan melakukan perawatan rutin ketika menggunakan paket CCTV terbaik. Anda juga harus melakukan backup atau penyimpanan cadangan pada perangkat lain dan jangan membiarkan hasil rekaman menumpuk dalam hardisk. Hardisk yang terlalu sering mengalami overload akan lebih mudah rusak. 

Gunakan perangkat tambahan yang khusus untuk menyimpan hasil rekaman CCTV. pasalnya, alat keamanan tersebut bekerja nonstop menjaga gedung atau properti Anda dan menghasilkan banyak video dengan kualitas resolusi tinggi. Koneksikan jenis-jenis kamera CCTV yang Anda gunakan dengan ruang penyimpanan terbaik yang tidak mudah panas meski digunakan setiap hari. Hindari penggunaan ruang penyimpanan untuk PC yang biasa digunakan sehari-hari untuk kebutuhan pekerjaan lainnya. Pasalnya, PC tidak dirancang untuk bekerja penuh selama 24 jam, mudah panas dan tidak mampu menyimpan rekaman video dalam jumlah besar. 

Pastikan Anda menggunakan perangkat cadangan dengan daya tampung yang lebih besar. Hal tersebut sangat penting mengingat dalam 1 minggu saja dibutuhkan kapasitas ruang penyimpanan minimal 512 GB. idealnya, Anda menggunakan perangkat hardisk backup sebesar 4 TB atau lebih. Meski begitu, Anda juga masih harus melakukan pembersihan ruang penyimpanan tambahan tersebut dengan cara membuang hasil rekaman yang tidak dibutuhkan.

Dapatkan Hasil Rekaman Terbaik dari CCTV Terpercaya

Kebutuhan ruang penyimpanan besar tersedia pada produk Hikvision ColorVu. Paket CCTV terbaik ini memiliki daya tampung penyimpanan yang cukup besar untuk hasil rekaman dengan resolusi tinggi hingga 4K. Anda tidak perlu khawatir dengan hasil rekaman yang akan terhapus secara otomatis akibat memori cepat panas, penuh atau mudah mengalami kerusakan sistem. Seluruh momen terekam jelas dalam gambar yang cerah, termasuk untuk kualitas tampilan zoom berkat teknologi kecerdasan ColorVu.

Kini Anda bisa mendapatkan paket CCTV terbaik untuk sistem keamanan yang menjaga gedung dan properti selama 24  jam nonstop. Dapatkan informasi produk Hikvision ColorVu selengkapnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *